Komunitas Gundam Masih Eksis

RADARJEMBER.ID – Kalau sudah hobi, tidak bisa diukur dengan apapun. Juga tak memandang usia. Seperti komunitas pecinta mainan robot. Yang berasal dari anime kartun tahun 70-an. Ya, anime Gundam asal Jepang.

Ternyata, penggemar robot Gundam di Jember ini masih ada loh. Namanya Komunitas Gundam Plastik (Gunpla). Tahun 2013 silam, Gunpla Jember resmi berdiri. Kegiatannya pun beragam. Mulai dari kopi darat (kopdar) sampai sering mengikuti berbagai event dan lomba.

Lombanya pun unik. Yaitu, lomba merakit robot gundam. “Yang dinilai kerapiannya. Tetapi juga diberi batas waktu,” ujar Harimas Catur Wiratmoko, salah satu anggota Gunpla Jember.

Pria yang akrab disapa Kokok ini, mengatakan, Gunpla Jember masih eksis sampai dengan sekarang. Sebab, dia bersama rekan-rekannya, juga masih sering kumpul. Dan ingin merangkul para penghobi robot gundam.

“Anggota kami ada puluhan. Yang terpenting kumpul untuk sharing-sharing. Ya, ada juga arisannya. Nanti juga dibuat beli gundam baru,” tuturnya.

Kopdar rutin pun digelar, setiap dua minggu sekali. Rata-rata anggota Gunpla Jember sendiri, mulai dari usia remaja sampai yang sudah memiliki anak. Di rumah mereka pun, sudah tak terhitung berapa gundamnya.

“Rasanya senang kalau lihat gundam dipajang di kamar. Ngelihatinnya aja sudah seneng,” ungkap Mochammad Gufron, anggota Gunpla Jember.

Namun, robot gundam itu, kebanyakan hanya untuk pajangan saja. Bukan untuk dimainkan layaknya anak kecil. Sebab, harganya pun tak main-main. Mulai dari ratusan ribu, sampai jutaan rupiah.

“Jadi kalau ada anak kecil di rumah, gundamnya harus dirapikan. Biar tidak dimainkan,” canda Gufron.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono