Gerai Markas dan Klinik Pratama PMI Gelar Donor Darah Massal

Difabel Aktif Donor Darah

SIAPA SAJA BISA: Untuk melakukan donor darah, asal kondisi badan fit dan dinyatakan layak oleh petugas, seseorang bisa mendonorkan darahnya.

RADAR JEMBER.ID – Siapa pun yang memenuhi syarat boleh ikut mendonorkan darah. Termasuk mereka dari kaum difabel. Mereka juga bisa ikut kegiatan donor darah di Mobil Unit Donor Darah (MU DD) PMI, di gerai Markas PMI Jalan Jawa atau di Klinik Pratama PMI di Jubung.

Seperti salah seorang pendonor difabel ikut kegiatan donor darah di Klinik Pratama PMI di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi. “Kegiatan donor darah sukarela di Gerai Donor Darah Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember, Jalan Brawijaya Nomor 61 A, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, pukul 09.00-14.00 berhasil menghimpun 32 kantong darah,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Sementara itu, kegiatan donor darah sukarela di gerai donor darah di Markas PMI mendapatkan 34 kantong darah. Sedangkan kegiatan donor darah di dalam gedung UDD PMI Jember shift pagi pukul 09.00-14.00 berhasil menghimpun 26 kantong darah. “PMI saat ini sangat transparan,” imbuhnya.

Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk menjadi relawan pendonor terus meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah pendonor yang terus meningkat tiap tahunnya. “Masyarakat kini banyak yang sadar pentingnya darah bagi pasien yang membutuhkan, sehingga mereka sukarela datang ke tempat-tempat yang melayani donor darah. Makanya, ayo berbagi untuk sesama melalui donor darah,” ungkap pengacara senior Jember tersebut.

Dia menjelaskan, tiap harinya di dua gerai donor darah Markas PMI Jalan Jawa 57 dan gerai donor darah Klinik Pratama PMI Jalan Brawijaya Nomor 61 A Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, melayani kegiatan donor darah. Namun, pelayanan hanya dilakukan pada jam kerja. “Kalau UDD PMI di Jalan Srikoyo mulai pukul 08.30 sampai pukul 20.30 malam,” ujarnya.

Relawan pendonor turut aktif mendonorkan darahnya di Markas PMI Kabupaten Jember, Jalan Jawa nomor 57, Jember, sebagai rangkaian peringatan Hari Donor Darah Internasional, 14 Juni 2005-2019. Sebelumnya, kegiatan serupa dilaksanakan di Jawa Pos Radar Jember dan Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember.

“Relawan pendonor darah yang datang lebih banyak lagi. Tetapi ada beberapa pendonor darah yang tidak bisa melanjutkan kegiatan donor darah karena tensinya terlaiu tingai atau terlalu rendah dan HB-nya tidak standar,” ujarnya. (*)

IKLAN

Reporter : Narto

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti