Aklamasi, Rektor IAIN Jember Kembali Terpilih Ketua MES Jember

JADI KETUA: Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Prof Babun Suharto terpilih menjadi ketua MES Jember

RADAR JEMBER.ID – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Prof Babun Suharto kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Daerah Jember untuk periode 2019-2022. Pemilihan itu dilakukan dalam pelaksanaan musyawarah daerah (musda) di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), (24/7) kemarin.

Dalam sambutannya, Prof Babun menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan anggota dan pengurus untuk memimpin MES kembali di periode mendatang. “Tentu ini amanah yang berat. Untuk itu, kita harus bersama-sama membangun dan mengembangkan MES ke depan, jangan hanya dibebankan kepada ketua saja,” pintanya.

Selain itu, Prof Babun juga meminta agar pengurus MES harus memiliki tiga prinsip, yakni pinter, kober, dan bener. “Saya menyebutnya dengan PKB. Pinter yang dimaksud adalah bagaimana pintar merancang program, pintar mengelola waktu, sedangkan kober yang dimaksud adalah mau mengurusi MES ini ke depan, dan bener yang dimaksud adalah berkomitmen untuk membawa dan mengawal MES ke arah yang lebih baik,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, tugas pengurus dan anggota MES akan lebih berat. Terutama memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang prinsip Syariah yang sebenarnya. “Di masyarakat banyak berlabel syariah. Namun, praktiknya justru itu tidak syariah. Nah, hal-hal begini harus kita berikan pencerahan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua MUI Jember yang juga Dewan Pengarah MES Jember Prof Abdul Halim Soebahar mengatakan, saat ini tren industri, terutama perbankan syariah, semakin besar. “Nah, ini peluang besar bagi MES untuk menjadi dewan pengawas di perbankan syariah itu,” ungkapnya.

Untuk itu, Prof Halim meminta kepada anggota dan pengurus MES agar meningkatkan sinergi dengan seluruh pemangku kebijakan terkait. “Kami berharap agar kerja sama dengan seluruh pihak terkait semakin ditingkatkan, agar keberadaan MES bisa terus memberikan manfaat,” harapnya. (*)

IKLAN

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti