Berawal Suka Amati Langit Malah Kepincut Astronomi

AMATI ANGKASA: Di mata pecinta astronomi ternyata langit membawa ketertarikan untuk mengetahui lebih banyak benda-benda angkasa.

RADARJEMBER.ID – Langit itu indah. Hal ini yang membuat sejumlah anak muda Jember tertarik untuk mengamati langit.

Bahkan hal itu lebih mengarah kepada hobi dan diakui oleh Bayu Angga, alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember.

“Melihat langit itu mengasyikan dan sekaligus mengagumi ciptaan Tuhan. Itu saya lakukan semenjak awal kuliah, kebetulan kos saya bangunannya tingkat. Di saat waktu luang saya suka memandang langit dari tempat kos,” ungkap Bayu.

Dari kebiasaan tersebut, akhirnya memunculkan ketertarikan laki-laki kelahiran Lumajang untuk memperdalam ilmu astronomi.

“Ternyata kegemaran menatap langit ini dimiliki juga oleh remaja lainnya. Akhirnya kami sepakat untuk mendirikan sebuah komunitas. Namanya Jember Astronomi Club (Jastro) di tahun 2016 lalu,” tandasnya.

Seiring berjalannya waktu, Jastro anggotanya semakin bertambah. Anggota komunitas tersebut memiliki beragam profesi, serta rutin melakukan pengintain benda-benda angkasa menggunakan teropong bintang.

Sementara itu Riska Uswatun Khasanah, Ketua Jastro menerangkan, teropong bintang tersebut milik seorang dosen IAIN Jember dan dipinjamkan kepada Jastro.

“Dengan menggunakan alat ini Jastro merasa terbantu. Karena jangkauannya untuk melihat langit kini tidak langsung memakai mata, malahan pemakaian teropong itu bisa menghasil astro-fotografi yang cantik.dan menarik” tukas Riska.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono