STAI Al-Qodiri Alih Status

Siapkan Empat Fakultas dan Enam Prodi

POTONG TUMPENG: Tasyakuran atas alih status menjadi IAI Al-Qodiri dan pelantikan struktur.

RADARJEMBER.ID – Tahun ajaran baru jadi berkah baru di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Qodiri Gebang. Perguruan tinggi tersebut berhasil alih status menjadi IAI Al-Qodiri Jember. Momen istimewa itu muncul tepat hari Jumat (20/7) lalu. Maka, bertempat di Aula IAI Al-Qodiri pun digelar Tasyakuran Alih Status sekaligus Pelantikan Struktur IAI Al-Qodiri Jember.

Acara dihadiri perwakilan dari Kemenag Jember, Rektor IAIN Jember, instansi terkait, beserta seluruh keluarga besar Pengasuh PP Al-Qodiri Jember. Termasuk, pengelola lembaga-lembaga di bawah naungan yayasan Al-Qodiri dan beberapa tamu undangan.

Pukul 13.00 WIB, acara diisi sambutan Rektor IAI Al-Qodiri, Potong Tumpeng dan Mau’idhotul Hasanah sekaligus Do’a oleh KH. Achmad Muzakki Syah (Pendiri dan Pengasuh PP. Al-Qodiri Jember).

Sekadar catatan, alih status fakultas dan prodi di IAI Al-Qodiri Jember berawal tahun 2001 – 2018. Dimana saat itu ada dua Fakultas empat Prodi. Sekarang, disiapkan empat fakultas dan enam Prodi. SK alih status tepat pada Selasa (9/7), di Jakarta Pusat.

Rektor IAI Al-Qodiri Jember, Dr. H. Asmad Hanisyi, S.Pd.I MM menjelaskan, pengurusan terkait persyaratan alih status sudah dimulai 2018. Itu tahap divisitasi. “Kurang lebih enam bulan lebih kami menunggu. Alhamdulillah puji syukur atas nikmat Allah SWT yang telah kami terima, dalam rangka persiapan alih status. “jelasnya.

Prodi yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ekonomi Syariah, Komunikasi Penyiaran Islam, dan Al-Akhwal Al-Syahsiyyah. Tergabung dalam Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi Syariah, Fakultas Dakwah dan Fakultas Syariah.

Dalam hal ini, pencapaian alih status semua syarat harus terpenuhi. Mulai dari persiapan sarana dan prasarana, dewan pengajar, hingga pemenuhan jumlah minimum prodi dan fakultas. Selanjutnya beberapa agenda dan perencanaan pun diusung dalam menunjang IAI Al-Qodiri Jember.

“Memiliki distingsi dan excellency bagi akademik. Ada penyegaran, perubahan yang di prioritaskan kepada mutu dan Qualitas, SDM yang mumpuni yang siap bersaing dalam menghadapi revolusi industri,” harapnya.

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono