Sepakat Kurangi Penggunaan Plastik

PEDULI: Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Unej tanda tangan seruan peduli lingkungan. Aksi mereka didukung mahasiswa asing.

RADARJEMBER.ID – Gerakan penanganan sampah plastik terus digelorakan. Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jember deklarasi dan penggalangan tandatangan penggunaan plastik (19/7).

”Kami tergabung di Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi: Lumba-Lumba,” tutur Muhammad Dimas Nasihudin, salah satu mahasiswa.

Gerakan ini mendapat dukungan rombongan mahasiswa mancanegara dari 11 negara dan 12 perguruan tinggi. Puncaknya, usai Workshop Etnobiologi bertema: Back to Nature for Healthy Ecosystem, mereka pun membubuhkan tanda tangan. ”Ini diwacanakan mendukung program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pengurangan penggunaan plastik,” lanjutnya.

Dia melihat, sampah plastik rumah tangga dari hari ke hari semakin memprihatinkan. “Ini sangat mengganggu ekosistem. Untuk bisa terurai butuh waktu ribuan tahun. Karena plastik terbuat dari bahan kimia, lingkungan bisa rusak karenanya,” ungkap Dimas.

Langkah mengajak mahasiswa asing mengurangi penggunaan plastik, karena ini merupakan problem semua negara.

Dari deklarasi pengurangan penggunaan plastik, semua mahasiswa sepakat untuk tidak lagi bergantung pada plastik sebagai pembungkus. Mereka coba beralih ke pembungkus tradisional. Seperti daun pisang, janur atau daun jati.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono