Target Donor Darah Masuk Muri

TURUN LANGSUNG: Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki dan Direktur Tupperware Jember melihat ibu-ibu yang donor darah di Argopuro, Kaliwates.

RADAR JEMBER.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember terus menggandeng sejumlah pihak untuk kegiatan donor darah. Salah satunya adalah dengan Tupperware yang menargetkan 700 orang lebih pendonor. Uniknya, jumlah sebanyak itu diambil dari kalangan  perempuan.

Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki menjelaskan, donor darah di Perumahan The Argopuro, Kecamatan Kaliwates, tersebut tak sekadar donor darah. Kegiatan tersebut juga ditargetkan untuk memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). “Termasuk targetnya yaitu rekor dunia atau Guinness Book of Record,” katanya.

Melalui sinergi tersebut, Zaenal merasa sangat terbantu karena ada ratusan orang yang melakukan donor darah. “Apa yang dilakukan Tupperware bisa ditiru oleh yang lain. PMI Jember juga terus bersinergi dengan perusahaan atau lembaga apa pun,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga terbantu untuk mengoleksi darah. Sebab, PMI Jember tak hanya membantu wilayah sekitar, namun tingkat Jawa Timur hingga Indonesia.

Zaenal menyebut, para pendonor darah merupakan pejuang kemanusiaan. Darahnya sangat dibutuhkan oleh semua orang. Khusus  warga yang telah menyumbangkan darahnya lebih dari seratus kali, akan diperjuangkan untuk mendapat tali asih semacam asuransi.

“Kami ingin berjuang kepada orang yang berdonor seratus kali lebih. Kita masih mencari asuransi, yang kira-kira mampu memberikan terobosan preminya dan bisa menjamin pendonor yang lebih dari seratus kali karena mereka semua adalah pahlawan,” paparnya.

Dia menyebut, ada empat orang yang mendapatkan penghargaan cincin Satya Lencana atas pengabdiannya.

Direktur Tupperware Jember Alex A Nugraha menjelaskan, donor darah memang ditargetkan memecahkan rekor. Itu bukan hanya di Jember, tetapi dilakukan di kabupaten lain dengan target 28 ribu perempuan donor darah dengan waktu sepekan. “Untuk Jember targetnya 750 perempuan,” jelasnya.

Sementara itu, selain mengejar rekor Muri, kegiatan tersebut menurutnya sudah dilakukan selama delapan tahun terakhir. “Untuk di Jember sudah rutin dilakukan. Donor darah kami pilih, karena ini untuk pengabdian sosial,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Bagus Supriadi