Minta 409 BKD Berubah Status Jadi BPR

MENJELASKAN: Azilsyah Noerdin, kepala OJK Jember saat sosialisasi dan sinergi pelaksanaan program TPKAD

JEMBER RADARJEMBER.ID – Sebanyak 409 Badan Kredit Desa (BKD) yang ada di setiap desa harus dirubah menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) atau Lembaga Keuangan Mikro Badan Usaha Milik Desa.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemenuhan ketentuan Bank Perkreditan Rakyat dan transformasi Badan Kredit Desa menjadi Bank Perkreditan Rakyat.

“Maksimal Desember 2019 mendatang harus dirubah,” kata Azilsyah Noerdin, kepala OJK Jember. Menurut dia, OJK sudah beberapa kali melakukan sosialiasi kepada BKD agar segera mengubah status badan hukum.

Sebab bila tidak dirubah, maka izin usahanya akan dicabut. OJK Jember sudah berkoordinasi dengan lima pemerintah kabupaten wilayah kerja OJK. Mulai dari Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan data OJK, jumlah BKD di wilayah kerja OJK Jember sebanyak 409 unit. Rinciannya 208 unit di Kabupaten Jember, 84 unit di Kabupaten Banyuwangi, 70 unit di Kabupaten Situbondo, 35 unit di Kabupaten Bondowoso dan 12 unit di Kabupaten Lumajang.

Sampai sekarang, kata dia, BKD itu belum menguah status badan hukumnya. Rencananya, BKD di Jember, Banyuwangi, dan Situbondo akan bertransformasi menjadi Lembaga Keuangan Mikro . Sedangkan BKD di Lumajang dan Bondowoso akan berubah nama menjadi unit usaha BUMDes.

IKLAN

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Bagus Supriadi