Lumajang Dapat Penghargaan dari PBB

KELAS INTERNASIONAL: Wabup Lumajang Ir Hj Indah Amperawati ketika menerima penghargaan dari PBB di depan Mendagri, Tjahyo Kumolo, di hotel Guyama Semarang, Kamis.

SEMARANG RADARJEMBER.ID – Kamis malam menjadi momen bersejarah buat Lumajang. Sebab, mendapat penghargaan level internasional yang diapresiasi PBB dalam acara United Nations Public Service Award.

Ini membuktikan bahwa kampanye percepatan dan perbaikan kualiatas pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Lumajang memang betul adanya. Tidak heran inovasi pelayanan publik yang berupa layanan Blood Jek dan suami siaga (SUSI) mendapat penghargaan Interna-sional.

Penghargaan itu diterima tadi malam di hotel Guyama, Semarang.Pemerintah memang layak menerima penghargaan bergengsi tersebut. Sebab, sudah berhasil menciptakan inovasi pelayanan publik yang maksimal. Inovasi pelayanan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Inovasi pelayanan itu diantaranya blood jek dan susi.Sebelumnya pelayanan berupa Blood Jek sempat di nobatkan sebagai 40 top inovasi di kancah Nasional pada 2018. Sedangkan SUSI masuk urutan top 25 pada 2015.Namun kali ini layanan publik tersebut dilirik dan mendapat penghargaan dari PBB.

“Blood Jek merupakan progam PMI di Lumajang untuk mengantarkan darah langsung ke kamar pasien yang membutuhkan. Itu diantar dengan sepeda motor,” ujar Ir Hj Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang.

Gebrakan pemerintah meluncurkan progam SUSI juga mendapat apresiasi di kancah internasional. Progam pemberdayaan suami yang mengharuskan suami siaga dalam mengawal istri mulai dari dari masa kehamilan sampai melahirkan bayi dianggap efektif untuk menekan angka kematian baik istri maupun bayinya. “Progam SUSI juga dapat,” tambahnya.

Bahkan dalam waktu dekat pihaknya berencana untuk membentuk tim inovasi yang terdiri dari beberapa tenaga ahli. Untuk membantu percepatan dan perbaikan kualitas pelayanan publik di lingkup pemerintahan daerah. “Pelayanan publik terbaik adalah ketika masyarakat merasakan pelayanan yang baik dari pemerintahnya,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id, mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan