Jalan Dilebarkan, Dapat Anggaran 40 M

Penanganan Cepat Kemacetan Jalur Utara

BIAR TIDAK MACET : Petugas yang melakukan pelebaran jalan di kawasan Klakah kemarin sempat dikunjungi Bupati Thoriqul Haq.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Kemacetan yang terjadi di jalur utara Lumajang mulai ada penanganan. Memang tol sudah diagendakan, tapi itu untuk jangka panjang. Jangka pendeknya adalah pelebaran jalan. Lumajang dapat jatah Rp 40 miliar dari alokasi pusat.

Kemarin, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, meninjau langsung pelaksanaan pelebaran jalan di jalur rawan macet Kedungjajang – Ranuyoso. Tepatnya di sebelah utara Pasar Klakah, siang kemarin.

Lebar badan jalan yang ada saat ini hanya 7 meter itu akan dilebarkan 4 meter. Sehingga menjadi 11 meter, dengan bahu jalan menjadi 16 meter. Proyek pelebaran jalan tersebut kata Cak Thoriq sapaan akrab bupati, akan dilakukan secara bertahap di ruas-ruas jalan yang rawan terjadinya kemacetan.Bupati mengungkapkan, bahwa pada 2019 ada anggaran Rp 78 Milyar. Itu untuk pelebaran ruas jalan Probolinggo – Lumajang – Turen.

Di Kabupaten Lumajang sendiri kata bupati disediakan anggaran kurang lebih Rp 40 miliar. Itu ntuk pelebaran ruas jalan sepanjang 2 Km dan Overlay 3,5 Km. “Pemerintah Kabupaten Lumajang berharap kepada Kementerian PU untuk memberikan prioritas pelebaran jalan Probolinggo – Lumajang. Karena jalan ini sering terjadi kemacetan,” ujar Bupati.

Bupati berkeinginan untuk melakukan dialog dengan masyarakat sekitar terkait pelebaran jalan tersebut. “Saya harap Pemerintah Pusat memberikan program prioritas terhadap kami. Tinggal kami yang akan men-sosialisasikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, petugas dari Kementerian PU RI, Dandy mengungkapkan, bahwa pihaknya perlu bantuan dari Pemkab Lumajang, khususnya dalam hal penataan kios pedagang buah dan bangunan warga yang berada di atas bahu jalan.Dengan adanya penanganan ini, Cak Thoriq berharap bisa menjadi solusi cepat mengurai kemacetan jalur utara.

Memang informasi yg didapat Jawa Pos Radar Semeru, tidak pada semua titik. Hanya sebagian. Yakni di kilometer 127-128 dan titik 131-132 yang didahulukan. Selanjutnya akan dilakukan secara bertahap.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan