Seleksi UM Mandiri IAIN Jember Diserbu

BERJUBEL: Puluhan mahasiswa tengah mengurus proses daftar ulang sebelum memasuki tahun ajaran baru di Gedung GKT IAIN Jember.

RADAR JEMBER.ID – Para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di IAIN Jember masih ada kesempatan. Yakni melalui jalur Ujian Mandiri Lokal yang diselenggarakan sejak kemarin hingga 20 Juli 2019 mendatang. Tak heran, mereka yang belum berhasil dari jalur UM PTKIN langsung mendaftarkan diri di jalur mandiri. UM Mandiri itu dilaksanakan selama lima hari.

Ketua Seleksi penerimaan Mahasiswa baru Prof Miftah Arifin mengatakan, IAIN Jember akan menerima sebanyak 4500 mahasiswa pada tahun ajaran baru ini. Kuota penerimaan dibagi melalui tiga jalur, yakni Jalur UMPTKIN, SPAN-PTKIN, dan jalur UM Mandiri.

“Jalur Mandiri sebagai jalur terakhir penerimaan mahasiswa akan menampung sekitar 1450 calon mahasiswa,” katanya.

Kuota tersebut bisa bertambah jika slot dari jalur SPAN-PTKIN belum terpenuhi. “Jika mereka masih tidak lolos, hanya menyisakan kuota khusus jalur tahfiz. Itu pun hanya berjumlah belasan atau satu kelas,” imbuh pria yang baru menjabat Warek I IAIN Jember itu.

Selama ini, peminat di kampusnya kian tahun semakin meningkat. Miftah menyebutkan, jumlah pendaftar dari semua jalur mencapai 17 ribuan calon mahasiswa. Namun, ada sekitar 10-20 persen yang tersisa dari masing-masing jalur. Hal itu karena banyak mahasiswa yang mendaftar bercabang ke kampus-kampus PTKIN dengan jurusan yang berbeda.

Dalam Ujian Mandiri Lokal itu, lanjutnya, para calon mahasiswa bisa memilih dan menentukan sendiri hari dan jam pelaksanaan ujian. Tak hanya itu, mereka juga bisa melihat langsung nilai ujian saat setelah ujian selesai. “Nanti nilai mereka langsung keluar. Kaya tes CPNS dulu, kemudian di-ranking. Dengan begitu, sistem akan lebih transparan dan proses selanjutnya mereka bisa urus daftar ulangnya bagi yang lulus,” imbuhnya.

Seiring bertambahnya jumlah peminat di kampus IIAN Jember, dia berencana akan terus memperbarui sistem untuk mempermudah mahasiswanya. “Tahun ini mereka daftar ulang ke kampus, tahun depan mereka bisa urus daftar ulang di rumah sendiri. Jadi, mereka ke pertama ke kampus hanya untuk persiapan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)” tandasnya. (*)

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Bagus Supriadi