Nawari Akhirnya Menyerah

Tadi Malam Langsung Digiring ke Sel Lapas

MENYERAH : Nawari saat berada di ruang tunggu Lapas Bondowoso kemarin setelah menyerahkan diri.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Setelah dicari  selama bertahun-tahun oleh Kejaksaan Negeri Bondowoso, akhirnya DPO Mahkamah Agung RI, yakni Nawari Hari Susanto, eks anggota DPRD Kabupaten Bondowoso 2014-2019 menye-rahkan diri.

Tadi malam, mantan Caleg PDIP ini langsung dijeblos-kan ke sel Lembaga Pemasya-rakatan (Lapas) BondowosoKajari Bomdowoso, Hj Unaisi SH mengatakan, dia mendatangi rumah Nawari yang berada di Desa Sukokerto Kecamatan Pujer.

Tujuannya, untuk mela-kukan komunikasi secara kekeluargaan agar pihak keluarga dan Nawari  menyerahkan diri.”Alhamdulilah, Pak Nawari akhirnya secara sadar dan tanpa paksaan menyerahkan diri ke Kantor Kejaksaan Bondowoso untuk menjalani hukuman yang hanya  beberapa bulan saja,” kata Unaisi pada Jawa Pos Radar Ijen, kemarin.

Pihak kejaksaan mengapresiasi niat baik dari Nawari yang selama ini memang menjadi DPO perkara pemukulan atau pe nga niayaan kepada salah satu warga saat Pilkades di Desa Sukokerto. “Malam ini juga, saya dan jaksa mengeksekusi Nawari ke Lapas Bondowoso sekitar pukul 21.30 WIB,” katanya tadi malam.

IKLAN

Kajari menambahkan, keda-tangan Nawari ke Kantor Kejak-saan disambut baik. ”Karena memang kami selalu mencari keberadaan Nawari. Apalagi ada putusan MA agar segera meng-eksekusi Nawari yang dinyatakan bersalah,” katanya.

Selanjutnya, Kajari menjelaskan DPO  Nawari  alias Pak Betti Bin Sarwi melanggar pasal 170 ayat (1), (2) ke-1 KUHP  menjadi DPO sejak tahun 2017. Sebelumnya, saat menjabat sebagai anggota DPRD Bon-dowoso, Nawari ikut terlibat dalam mensukseskan istrinya sebagai calon kepala desa di Desa Sukokerto Kecamatan Pujer.

Namun, Nawari tersulut emosi saat proses pilkada berlangsung. Dia memukul salah satu tim sukses lawan politik hingga dilaporkan ke kepolisian.Nawari sebelumnya membuat heboh karena sempat mendaftar sebagai caleg DPRD Bondowoso dari PDIP. Padahal saat itu, statusnya masih menjadi buron. Karena masalah hukum pula, Nawari di PAW dari DPRD Bondowoso sekaligus dipecat dari Nasdem Bondowoso.

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan