Masih Sering Kebobolan Sapi

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Memang kerap digembar-gemborkan aksi kejahatan menurun. Tapi tunggu dulu. Sebab, aksi pencurian sapi masih marak. Pekan ini di Desa Sumberwringin Kecamatan Klakah.

Disana dikabarkan sampai tujuh ekor dibobol Maling. Beruntung tiga diantaranya berhasil diselamatkan. Karena itu, Satgas keamanan desa bakal dievaluasi.Dari informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Semeru, diketahui jika tepat pada hari Bayangkara 10 Juli kemarin, di Sumberwringin terjadi pencurian sapi. Empat ekor sapi milik Ruman, warga setempat dibawa kabur pencuri.

Sementara tiga ekor sapi milik Rosyid berhasil digagalkan.Aksi itu bisa dibilang menodai hari Bayangkara. Sebab, sampai viral di sejumlah medsos. Bukan cuma mengkritik aksi kepolisian yang belakangan sudah bertindak agresif dengan tim Cobra-nya. Melainkan juga menjadi pukulan buat desa yang sudah punya Satgas keamanan desa.

Memang untuk tahun ini pemerintah menggelontorkan anggaran tidak sedikit untuk membentuk satgas. Namun hal tersebut tak bisa jadi acuan desanya aman. “Sekedar ada tapi tidak optimal dan bisa dianggap tidak ada,” ujar Arsal Sahban Kapolres Lumajang ketika dikonfirmasi keberadaan satgas di Sumberwiringin.

Memang dalam beberapa kali perkumpulan satgas keamanan desa di kecamatan. Hanya satgas keamanan Desa Sumberwringin yang tidak hadir. “Kami me na-nyakan terkait satgas keamanan desa ke perangkatnya, ternyata jawaban dari perangkatnya kepala desanya tidak respons,” tambahnya.

Secara umum memang kebe-radaan polisi adalah sebagai pemelihara keamanan. Namun secara peran, ternyata satgas keamanan desa juga berfungsi menjaga keamanan. “Satgas itu bentukan desa dan berfungsi menjaga keamanan desanya, lebih bagus lagi ketika ko-munikatif dengan desa yang lain,” tambahnya.

Selanjutnya, Kasareskrim Hasran yang sering disebut Hasran Cobra mengaku akan tegas menindak lanjuti kasus pencurian tersebut. “Satgas keamanan desa menjadi atensi bagi saya, kepala desanya akan dipanggil dan diperiksa. Terlebih bagaimana upaya menggerakkan satgas keamanan desa. Disana tidak bergerak sama sekali,” tambahnya.

IKLAN

Reporter : Ahmad Jafin, mg2

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan