Beri Motivasi Mahasiswa untuk Kuliah di Luar Negeri

MOTIVATOR: Dr Nico Irawan MPd (dua dari kiri) seusai memberikan pemaparan dan motivasi kepada mahasiswa STIE Mandala Jember. 

RADAR JEMBER.ID – Sebagai bentuk implementasi kerja sama yang digagas STIE Mandala pada November 2018 lalu dengan Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK), pihak kampus akhirnya mengundang salah satu dosen dalam kegiatan guest lecturer pada Jumat (5/7) silam. Dr Nico Irawan MPd secara khusus hadir atas undangan dari Kantor Urusan Internasional (KUI) STIE Mandala Jember.

Dalam kegiatan yang mengambil tema Opportunities and Challenges to Study Aboard tersebut, Nico tak henti-hentinya memotivasi mahasiswa STIE Mandala untuk mengikuti program luar negeri. Hal itu karena dapat memberikan tambahan wawasan dan pengalaman yang akan sangat berguna bagi mahasiswa nantinya. Selain itu, dirinya menegaskan, kunci mengikuti program luar negeri adalah dengan mempersiapkan bahasa Inggris yang menjadi media komunikasi dengan orang-orang di luar negeri.

Hal ini sesuai dengan visi STIE Mandala untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing nasional dan internasional. Sejak tahun 2012, STIE Mandala telah aktif mengirimkan mahasiswanya dalam program ke luar negeri, seperti joint degree di Thailand dan double degree di Tiongkok.

Selain memberikan materi, STIE Mandala juga melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan International College of Rajamangala University Technology Krungthep (ICUTK). Isi dari MoA tersebut adalah terkait dengan kerja sama di bidang pertukaran mahasiswa dan pengakuan kredit yang ditempuh oleh mahasiswa.

IKLAN

Dalam kesempatan tersebut, tiga mahasiswa STIE Mandala yang mengikuti kegiatan double degree di Tiongkok juga turut memberikan testimoni mereka selama berkuliah dua tahun di Tiongkok. “Di sana kami diajarkan disiplin dan belajar terus menerus,” ujar Muhammad Arif, salah satu mahasiswa STIE Mandala yang berangkat ke Tiongkok. Selain berkuliah mereka juga mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan memenangi berbagai perlombaan, seperti yang diperoleh Merta yaitu juara tari. (*)

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti