Sucipto Raih Kalpataru

Selama 30 Tahun Mengabdi untuk Kelestarian Lingkungan

MANDIRI ENERGI : Sucipto, salah seorang warga Sumberwuluh yang berhasil merebut penghargaan kalpataru. Dia termasuk satu dari sepuluh orang yang terpilih di Indonesia yang membangkitkan mandiri energi.

RADARJEMBER.ID – Gerakan peduli lingkungan dengan meman­faatkan tekhnologi ramah ling­kungan yang digeluti puluhan tahun berhasil mengerek nama Sucipto ke panggung nasional. Kemarin, dia berhasil meraih penghargaan Kalpataru. Untuk kategori perintis lingkungan.

Penghargaan ini sekaligus mengakhiri puasa penghargaan serupa dalam 20 tahun terakhir. Sebab, 20 tahun lalu, Gingsong yang kini telah tutup usia adalah sosok yang merebut penghargaan serupa.

Sucipto, warga Sumberwuluh Kecamatan Candipuro menerima penghargaan itu dari Kemen­terian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diberikan pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup di Jakarta Convention Center (JCC), kemarin.

Penghargaan bagi orang yang merintis, mengabdi, menye­lamatkan serta membina per­lindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut tidak bisa dianggap remeh. Sebab, hanya 10 orang se­Indonesia yang akan menerima anugerah bergengsi skala nasional tersebut.

Memang untuk urusan meles­tarikan dan merawat lingkungan Sucipto merupakan sosok yang totalitas. Kurang lebih selama 30 tahun dia mengabdikan dirinya untuk merawat keles­tarian serta keberlangsungan lingkungan hidup.Alumni sarjana teknik tersebut menginisiasi  pembangkit tenaga listrik tenaga micro hydro untuk mengaliri listrik di daerahnya. Dengan memanfaatkan sumber mata air dia dapat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) sendiri.

Bahkan dia bersama warga di daerahnya menginisiasi untuk melakukan penanaman pohon. Penanaman tersebut berfungsi untuk melindungi sumber mata air supaya tetap mengalir. Sucipto merupakan satu­satunya pegiat lingkungan yang mewakili Jawa Timur untuk mendapatkan anugerah ini.

“ Sucipto sudah men­dapat penghargaan itu kemarin,” ujar Yuli Haris Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang.Yuli mengaku, penghargaan tersebut pantas diberikan kepada Sucipto. Selama ini dia berhasil menggerakkan masyarakat seka ligus menginspirasi kebutuhan energi bisa diciptakan. Dari memanfaatkan lingkungan sekitarnya tanpa merusak keseim­bangan alam.

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan