Periksa Ketat Keuangan Desa

DIPERKETAT : Bupati Thoriqul Haq ketika memberikan sambutan dalam sosialisasi pilkades serentak. Ditegaskan pula bahwa keuangan desa bakal diperketat melalui pemeriksaan.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID –  ­ Pelaksanaan Pil kades serentak yang bakal di ikuti 158 desa semakin men­dapat perhatian serius dari pemkab. Setiap masing­-masing kepala desa diminta segera memenuhi kewajibannya untuk menyerahkan laporan penge­lolaan keuangan selama men­jabat sebelum proses pelak­sanaan pemilihan Pilkades.

Kebijakan yang diambil selama menunaikan tugas menjadi poin utama yang akan mendapatkan pemeriksaan dari inspektorat. Hal ini sebagai bentuk telaah atas pertanggungjawaban ke bijakan melakukan pengelolaan keuangan oleh setiap kepala desa.

“Saya ingin selama pengambilan kebijakan atas pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan dari ma­sing­masing kepala desa betul­betul mendapat pemeriksaan ketat inspektorat,” ujar Bupati Thoriqul Haq.

Dihadapan seluruh kades yang hadir dalam acara sosialisasi Pilkades serentak, bupati me­negaskan bahwa pihaknya akan memberikan pengawasan ketat terhadap proses jalannya Pil­kades. Hal ini bertujuan agar pesta demokrasi dalam memilih pemimpin benar­benar sesuai harapan demi kemajuan desa.

Selain aturan pelaksanaan Pil­kades yang harus dijalankan sesuai dengan fungsinya, netra litas penyelenggara juga menjadi jaminan yang harus mampu meyakinkan para pemilih nantinya. “Tentunya kebijakan yang diambil nantinya dapat men dukung pelaksanaan Pilkades serentak di 158 desa berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda, Sugeng Priyono, bahwa selain me nye­barluaskan mengenai regulasi Pilkades serentak, juga menjadi instrumen penting bagi para peserta.

Tujuannya untuk meng­akses informasi mengenai se­jumlah tahapan yang harus diikuti sebelum memutuskan maju dalan kompetisi Pilkades. “Harapannya melalui sosialisasi ini dapat menyebarluaskan informasi mengenai regulasi, teknis persiapan hingga pene tapan,” ungkapnya.

IKLAN

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan