CJH Diminta Tak Pakai Aji Mumpung

“Jamaah itu biasanya punya niatan mumpung di Makkah, sampai lupa tidak menghitung kemampuannya dalam beribadah. Makanya, jamaah harus benar-benar memperhatikan manajemen tubuh dan hati,” Ahmad Ghonin Jauhari, Ketua KBIH Assuniyah.

PERHATIKAN TUBUH: Ketua KBIH Assuniyah Kencong Ahmad Ghonin Jauhari memberikan saran bagi para jamaah haji untuk memperhatikan kondisi fisiknya selama di Tanah Suci.

RADAR JEMBER.ID – Menjelang pelaksanaan ibadah haji, para jamaah diminta menjaga kesehatannya. Sebab, biasanya calon jamaah haji (CJH) kerap menggunakan aji mumpung ketika berada di Tanah Suci. Mereka lebih memilih banyak beribadah dan mengesampingkan kondisi kesehatan.

“Jamaah itu biasanya punya niatan mumpung di Makkah, sampai lupa tidak menghitung kemampuannya dalam beribadah. Makanya, jamaah harus benar-benar memperhatikan manajemen tubuh dan hati,” kata Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Assuniyah Kencong Ahmad Ghonin Jauhari.

Menurutnya, imbauan menjaga kesehatan itu penting, mengingat jamaah yang bergabung di KBIH Assuniyah sudah lebih dari 200 orang. Rata-rata mereka lansia. Setidaknya ada 60% dari seluruh jamaah yang terdaftar. “Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan benar oleh jamaah untuk musim haji kali ini. Tahun ini musim panas. Di bulan Ramadan kemarin saja sudah 40 derajat celsius,” tuturnya.

Dia berharap, jamaah haji itu tak memforsir staminanya selama di Makkah. Sebab, dengan cuaca yang diprediksi bisa mencapai 51 derajat celsius, memerlukan kondisi fisik yang prima. “Karena ibadah tidak akan sempurna jika tidak disertai dengan fisik yang prima. Termasuk harus banyak air minum. Saya kira, tidak sulit selama ada pimpinan kloter, KBIH, dan pimpinan rombongan lainnya,” imbuhnya. (*)

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih