Jelang Pilkades, Mahasiswa KKN Diminta Jaga Persatuan

IKUT JAGA PILKADES: Puluhan mahasiswa Unej mendapat arahan saat acara serah terima mahasiswa KKN di Pendapa Kecamatan Balung.

RADAR JEMBER.ID – Jelang pemilihan kepala desa (pilkades) pada September mendatang, sejumlah pihak mulai diajak untuk bersinergi. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga suasana tetap kondusif. Tak hanya aparatur sipil negara (ASN), sejumlah mahasiswa yang KKN juga mulai diberikan amanah yang sama.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kecamatan Balung Eka Ratnawati menyambut mahasiswa KKN Universitas Jember, (10/7) kemarin. Permintaan menjaga suasana kondusif itu penting, karena menyangkut netralitas sejumlah ASN yang rentan terlibat dalam momen pemilihan.

Di Balung, ada tujuh desa yang menggelar pilkades, yakni Desa Karang Duren, Karang Semanding, Tutul, Gumelar, Curahlele, Balung Lor, dan Desa Balung Kidul. Sementara itu, ada 50 mahasiswa KKN Unej yang tersebar di lima desa.

Dia mengatakan, KKN mahasiswa akan berlangsung selama 45 hari, hingga Agustus mendatang. Pada bulan itu, atmosfer politik pilkades akan cukup memanas hingga jelang pemilihan.

Dari sekian mahasiswa itu, lanjut Eka, mereka tak hanya membawa amanah dari kecamatan, namun juga almamater kampusnya. Pihaknya menaruh harapan besar agar mereka turut mengajak masyarakat tetap guyub dan menghindari provokasi negatif terkait pilkades.

“Sebisa mungkin mereka buat agenda yang dekat dengan masyarakat. Dan tak kalah penting bersikap netral,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Bagus Supriadi