Senat IAIN Jember Dipimpin Perempuan

TERPILIIH:  Prof Dr Titiek Rohanah Hidayati M Pd, sebelah kiri yang terpilih menjadi Ketua Senat IAIN Jember.

RADAR JEMBER.ID – Ketua Senat Institut Agama Islam (IAIN) Jember  periode 2019- 2023 dipimpin oleh seorang srikandi, yakni Prof Dr Titiek Rohanah Hidayati M Pd. Guru besar perempuan pertama IAIN Jember itu terpilih secara aklamasi oleh 20 orang anggota senat.

Rektor IAIN Jember Prof Dr Babun Suharto MM  mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 51 Tahun 2016 tentang Statuta IAIN Jember, anggota senat terdiri dari beberapa unsur. “Di antaranya unsur guru besar, pimpinan institut dan dekan, serta perwakilan unsur dosen di masing- masing fakultas,” tuturnya.

Total anggota senat IAIN Jember 20 orang, dan Prof Titiek didukung oleh semua anggota senat untuk jadi ketua. “Mayoritas semua setuju beliau untuk jadi ketua, dan Pak Sofyan Tsauri jadi sekretarisnya. Akhirnya, setelah semua setuju, Prof Titiek langsung ditetapkan jadi ketua senat,” terang Babun

Dia berharap pada pimpinan senat yang baru agar bisa bekerja sama dengan baik. Terutama peningkatan kualitas akademik dan sumber daya manusia (SDM). “Tentu kita berharap agar senat yang baru bisa bekerja sama dengan baik, terutama untuk peningkatan kualitas kita,” harapnya.

IKLAN

Sesuai dengan PMA, ada beberapa tugas peningkatan akademik yang dilakukan senat. Di antaranya, mengawasi kegiatan penelitian dan pengabdian yang menopang kegiatan akreditasi kampus. Kemudian, memberikan pertimbangan terkait pembukaan hingga penutupan sebuah program studi. “Hal-hal begini yang kita butuh masukan nantinya,” ujarnya.   

Secara terpisah, Ketua Senat IAIN Jember Prof Titiek mengaku siap bekerja sama dengan pimpinan kampus, terutama mengembangkan kualitas akademik dan SDM kampus. “Karena itu tugas kami mengawal dan mengawasi jalannya kegiatan di kampus,” tuturnya.

Agar tugas senat lebih maksimal, akan dibentuk tiga komisi yang akan fokus kepada tugas pokok dan fungsinya. “Namun untuk komisinya apa saja, kami masih akan menggelar rapat lanjutan. Tetapi intinya, kita akan mengacu sesuai dengan tupoksi kami sesuai PMA Nomor 51 Tahun 2016 tentang Statuta IAIN Jember,” pungkasnya. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi