CJH Jember Terbagi Lima Kloter

RADAR JEMBER.ID – Calon jamaah haji asal Jember yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 2004. Mereka akan berangkat pada 19 Juli 2019 mendatang. Para calon jamaah haji itu terbagi menjadi lima kloter. “Kloter 43,44 akan berangkat tanggal 19 juli pukul 01.00 malam,” kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Jember Ahmad Tholabi. Mereka harus berada di embarkasi haji Surabaya pada pukul 08.00 pagi. Kloter 44 akan berkumpul di Tanggul, lalu berangkat ke Surabaya.

Sementara itu, kloter 43 akan berangkat dari Sukowono langsung menuju Surabaya. Kemudian, kloter 45, 46, dan 47 akan berangkat pada tanggal 20 Juli  pukul 24.00 WIB. Tahapan keberangkatan haji itu tinggal menunggu persiapan pemberangkatan oleh Bupati Jember.

“Tinggal menunggu pelepasan pemberangkatan dari Pemkab Jember,” tambahnya. Semua tahapan sudah dilakukan dan menunggu keberangkatan. Selain itu, para calon jamaah itu diminta untuk tidak membawa barang yang  dilarang di dalam koper.

Seperti membawa benda-benda cair, barang tajam, dan lainnya, sesuai dengan petunjuk. Sudah ada 1957 koper di Kemenag yang diberikan pada calon jamaah. Koper tersebut disebar ke KUA dan KBIH. Setelah diisi, dikembalikan lagi pada Kemenag Jember untuk dikirim ke Surabaya. “Koper jamaah yang sudah diisi belum diberangkatkan, akan dikirim tiga hari menjelang keberangkatan,” jelasnya.

Jumlah barang bawaan jamaah dibatasi, berat tas renteng tak lebih dari tujuh kilogram, sedangkan koper  tak lebih dari 32 kilogram. “Barang berbau, yang mengandung magnet, tak boleh dibawa,” sarannya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait larangan tersebut saat manasik haji. Sebab, melihat pelaksanaan tahun sebelumnya, ada jamaah yang membawa rokok, beras, alat masak, hingga barang cair kemasan besar.   (*)

IKLAN

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer :

Editor : Bagus Supriadi