Sport Sepeda Sumbang Emas Pertama Jember

Ban Kempes, Faqih Menang Dramatis di Down Hill

EMAS PERDANA: Abdullah Faqih Putra, pesepeda Jember sesaat sebelum bertanding di MTB Down Hill

RADARJEMBER.ID – Cabang olahraga Sport Sepeda berhasil menyumbang medali emas perdana bagi Jember dalam pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jatim 2019. Abdullah Faqih Putra, pesepeda andalan Jember berhasil menorehkan catatan waktu yang memukau di nomor Putra-MTB Down Hill yang digelar di Bukit Watu Rampit, Desa Perunggangan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban.

“Di atas kertas, kita sudah optimistis dia bisa menang mudah. Karena waktu Kejurnas kemarin, dia dapat medali perak, kalah dari Bali. Sehingga kalau di level Jatim, dia bisa diandalkan,” ujar Muhtarom, official dan Sekretaris Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jember.

Faqih berhasil menorehkan catatan waktu 02:39:257. Catatan waktu itu jauh dibandingkan peringkat dua dan tiga, yakni M. Bima Saputra (Kota Blitar) dan Dois Audi Fikriansyah (Kota Malang). Bima yang meraih medali perak mencatatkan waktu 02:45:582, sedangkan Audi mencatatkan waktu 02:49:265 dengan raihan medali perunggu.

Catatan waktu Faqih ini sebenarnya masih bisa lebih memukau jika tidak ada kendala teknis yang berarti. “Sekitar 500 meter jelang finish, ban sepeda dia kempes. Tapi karena memang punya mental juara, dia tetap paksakan sehingga bisa mencapai finis di urutan pertama,” ujar pria yang juga guru di MAN 1 Jember ini.

Selanjutnya, Faqih masih akan berlaga di nomor BMX Cross yang baru akan berlaga pada Rabu (10/07) mendatang. Selain Faqih, Jember juga mengirim satu pesepeda lagi, yakni Cita yang akan turun di nomor ITT Road Race, Road Race dan Kriterium Road Race. Masing-masing nomor tersebut akan digelar pada Senin, Selasa dan Rabu mendatang.

IKLAN

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti