Isi Musim Liburan Sekolah dengan Kegiatan Edukatif

Riuh, RSBS Dipenuhi Puluhan Dokter Kecil

LUGU DAN LUCU: Para peserta dokter cilik (dokcil) tampak begitu fokus saat menyaksikan video perkembangan bayi.

RADAR JEMBER.ID – Berpakaian rapi lengkap dengan jas warna putih, pagi itu puluhan dokter memenuhi Rumah Sakit Bina Sehat Jember (RSBS). Suasana pun berbeda dari biasanya, terlihat begitu riuh.

Namun, yang menarik perhatian adalah tingkah para dokter tersebut. Ada yang berlarian, ada yang minum susu, ada pula yang membawa boneka. Rupanya mereka adalah peserta yang tak sabar untuk mengikuti Pelatihan Sehari Menjadi Dokter Kecil (dokcil) edisi liburan sekolah.

Selesai diabsen satu per satu, secara bergantian mereka pun diarahkan bergaya di depan kamera. Sewajarnya anak-anak, ada yang luwes, ada juga yang malu-malu saat berpose. Tapi yang jelas mereka makin tak sabar untuk belajar sembari bermain.

Setelah itu, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian disambut oleh instruktur di Mini Hospital RSBS. Mereka diajarkan cuci tangan 6 langkah, juga cara menggosok gigi yang benar dan dikenalkan berbagai hal seputar kesehatan.

“Kami juga memberikan pengetahuan tentang gizi, pengobatan luka, serta P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan). Selain itu, dokter kecil juga diberikan kesempatan melakukan praktik P3K,” terang drg Monicha Juanda selaku, kepala Instalasi Diklat & Marketing Edukatif.

Menjelang siang hari, para dokter kecil yang menggemaskan itu diajak bergerak dengan senam Yuk CT, kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan video perkembangan bayi dan diakhiri dengan dokter kecil menghampiri masing-masing orang tua yang diiringi dengan pelukan dan tangisan penuh sayang.

“Dokcil ini adalah kegiatan edukatif yang digagas oleh dr Faida MMR. Ini dikemas semenarik mungkin sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan serta konsisten diadakan sejak tahun 2011,” jelas drg Monicha.

Begitulah momen yang terlihat di beberapa hari terakhir penghujung bulan Juni lalu. Pada dokcil edisi liburan sekolah kali ini, tercatat ada sebanyak 251 peserta yang terdaftar. Jumlah tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Namun jangan khawatir, jika para orang tua ingin mengikutsertakan buah hatinya dalam pelatihan dokcil di RSBS, dapat mengikuti edisi reguler.

“Lebih lanjut dapat menghubungi Instalasi Diklat & Marketing Edukatif di lantai 3 RSBS Jalan Jayanegara 7, Kaliwates, Jember atau hubungi telepon (0331) 422701 ext. 332,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Hadi Sumarsono

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono