Rem Blong, Dump Truck Tabrak Fuso

RUSAK PARAH: Dump truck yang disopiri Sanusi, 31, warga Pakusari, mengalami rusak parah setelah menabrak truk yang parkir.

RADAR JEMBER.ID – Kejadian berikut ini seharusnya menjadi atensi bagi para pengemudi truk untuk memastikan kondisi kendaraannya tetap prima. Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Arowana, Gebang, Senin (1/7) malam lalu. Akibat rem tidak berfungsi, sebuah dump truck menabrak pengendara sepeda motor serta truk berukuran besar yang sedang diparkir.

Dump truck yang dikemudikan Sanusi, warga Dusun Krajan RT 01 RW 04, Desa Sumber Pinang, Pakusari, sedianya berjalan dengan kecepatan sedang dari arah barat. Ketika memasuki jalan menurun, mendadak rem truk tak berfungsi, sehingga pengemudi panik dan berusaha mengendalikan laju truk dengan memindah gigi persneling ke angka dua. Sayangnya, karena kecepatan sudah terlalu tinggi di jalan menurun, ditambah lagi muatan pasir yang dibawa cukup berat, Sanusi tak bisa berbuat apa-apa untuk mengendalikan truk.

Di saat bersamaan, sebuah truk gandeng berhenti di tepi jalan akibat gangguan mesin. Di belakangnya, sebuah truk Fuso juga sedang berhenti, dan sepeda motor matik tengah menunggu kesempatan untuk menyalip truk gandeng tersebut. Tanpa ampun, dump truck langsung menabrak motor sebelum berhenti akibat menabrak Fuso tersebut.

Kerasnya benturan membuat Muhammad Iksan, 27, pengemudi sepeda motor, tergencet bagian depan dump truck dengan bak belakang Fuso yang dikemudikan Slamet Riyadi, 23, warga Dusun Mangirejo RT 34/09 Saradan, Madiun. Iksan terjatuh persis di bawah moncong dump truck, dan mengalami luka retak di lengan kanannya. Dia langsung dirujuk ke RSD dr Soebandi Jember oleh warga sekitar.

Menurut Sanusi, sejak perjalanan dari Puger, tempat mengambil pasir, dirinya tak merasa ada masalah dengan rem. Begitu pula saat melintas di depan garasi bus Akas. “Rem tidak berfungsi setelah jalan mulai menurun. Saya awalnya mencoba terus menginjak rem, tetapi tetap tidak berfungsi alias blong,” ujar Sanusi.

Kecelakaan beruntung ini segera ditangani Lakalantas Polres Jember yang langsung melakukan olah TKP dan mengamankan dump truck yang mengalami rusak di bagian remnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti