FKIP Unej Berangkatkan Mahasiswa ke Thailand

MENEMBUS BATAS: Mahasiswa FKIP Unej yang terpilih berangkat ke Thailand.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Program tahunan Kuliah Kerja Praktik Lapangan Persekolahan (KKPLP) kembali di laksanakan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej). Tahun ketiga ini, sebanyak 13 mahasiswa beserta satu anggota sebagai koordinator berangkat ke Bangkok, Thailand.

Sebelum diberangkatkan, segenap civitas akademika FKIP Unej secara seremonial melepas para mahasiswa yang terpilih. Di hadiri juga Dekan FKIP Unej Prof Dafik PhD, serta orangtua para mahasiswa.

“Sebelumnya mereka mengikuti rangkaian tes, seperti TOEFL, akademik dan wawancara,” ujar Dafik. Menurutnya, setiap mahasiswa berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Namun hanya tetap dilakukan seleksi untuk mendapatkan mahasiswa yang layak diberangkatkan.

PAMIT: Dekan FKIP Unej Prof Dafik PhD melepas mahasiswa yang akan berangkat ke Thailand.

Dijelaskan juga, kegiatan ini merupakan kerjasama yang dijalin FKIP Unej dengan dua lembaga asing. Bersama English Internasional Shcool (EIS) Program Thailand dan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) dengan program SEA-Teacher.

IKLAN

Dipilihnya Thailand, karena merupakan negara yang terbuka serta tidak kompleks dalam pengurusan administrasi. Selain itu, juga sudah ada MoU. Perbedaan negara ini membuat mahasiswa harus mempersiapkan secara khusus sebelum mereka diberangkatkan.

Koordinator KKPLP 2019 Haidhar Reizar mengaku bangga, kendati begitu dirinya tetap perlu belajar dan persiapan khusus lainnya. “Belajar soal bahasa dan budaya di sana sebagai bekal,” ujarnya.

Keberangkatan para mahasiswa ini diharapkan mampu memperdalam kemampuan bahasa, guest teaching, serta pengetahuan terhadap budaya asing. Dan setibanya ke Jember, mahasiswa mampu mengaplikasikan pengalaman untuk bekal mendatang. Sekaligus modal di dunia kerja nantinya. (kl)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Pradini Anjar Agustin

Editor : Mahrus Sholih