Ombak Besar, TPI Puger Sepi

SEPI IKAN: Kondisi TPI Puger sepi, setelah banyak nelayan tidak melaut karena ombak dan angin kencang dianggap berbahaya untuk berlayar.

RADAR JEMBER.ID – Beberapa minggu terakhir ini Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger terlihat sepi. Kondisi ini disebabkan karena ombak dan angin di tengah laut cukup besar dan dianggap berbahaya, sehingga banyak nelayan baik yang mencari ikan menggunakan jukung, perahu, dan sekoci memilih beristirahat.

Sambil menunggu ombak dan angin mereda, tak sedikit nelayan yang memilih untuk memperbaiki perahu mereka dan memperbarui catnya. Alhasil, lokasi TPI pun benar-benar sepi dari ikan-ikan lokal. Kalaupun ada, itu karena memang ada sebagian nelayan yang nekat untuk melaut.

Namun, bukan berarti tak ada penjualan ataupun pelelangan ikan di sana. Ada banyak ikan yang masuk, namun dikirim dari luar Puger, seperti Probolinggo dan Situbondo. Ikan-ikan itu sudah dibungkus kotak kardus dan masuk dalam boks pendingin. Sehingga di TPI praktis tidak aktivitas jual beli yang biasa dilakukan oleh para tengkulak dan nelayan.

Menurut Samsul, salah satu pedagang ikan asal Wuluhan, karena banyak yang tidak melaut, di TPI Puger benar-benar hampir tidak ada ikan. “Di sekitar TPI hanya pedagang ikan asin dan terasi serta nus atau cumi-cumi saja. Ini karena ombak besar yang disertai anginnya juga besar,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti