Selekda Bapomi Jawa Timur-POMNas XVI 2019

Tuan Rumah Empat Cabor

PERSAINGAN KETAT: Pertandingan berlangsung ketat di cabor catur Selekda Bapomi Jawa Timur-POMNas XVI 2019 yang berlangsung di aula lantai 3 gedung Rektorat Unej

RADAR JEMBER.ID – Universitas Jember (Unej) dipercaya jadi tuan rumah kegiatan Seleksi Daerah (Selekda) Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Jawa Timur. Gelaran ini untuk memilih atlet mahasiswa yang akan mewakili Provinsi Jawa Timur dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVI tahun 2019.

Empat cabang olahraga yang dipertandingkan di Kampus Tegalboto adalah tenis lapangan, catur, dan futsal. Sementara Politeknik Negeri Jember menjadi tuan rumah untuk cabang olahraga panjat tebing.

Ajang Selekda Jawa Timur dalam rangka POMNas XVI tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, di lapangan tenis Kampus Tegalboto pada hari Jumat pagi (28/6) kemarin.

Prof Sutriono, penanggung jawab kegiatan selekda menyebut, pertandingan hingga Rabu (26/6) lalu, tercatat ada 160 atlet putra dan putri dari 19 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur yang akan berlaga. “Data per tanggal 26 Juni 2019 lalu, ada 28 atlet tenis lapangan, 21 atlet panjat tebing, dan 55 atlet catur. Namun, jumlah atlet bertambah karena ada yang baru mendaftarkan diri pagi ini (kemarin, Red). Hingga totalnya menjadi 160 atlet,” jelasnya.

IKLAN

Juara di tiap cabang akan mewakili tim Jawa Timur berlaga di Pomnas 2019. Tetapi khusus untuk cabang olahraga Futsal Putra, pemenang selekda di Jember akan dipertandingkan lagi dengan pemenang dari wilayah lain. Sebab, cabor ini ada tujuh wilayah di Jawa Timur.

”Hingga pagi ini (kemarin), baru tim futsal putra Universitas Jember yang mendaftarkan diri,” jelas Ketua Bapomi Wilayah II Jawa Timur ini.

Sutriono yang juga guru besar di Fakultas Pertanian dan ketua umum Pelti Jember berharap, selekda di Jember bakal menghasilkan wakil-wakil terbaik Provinsi Jawa Timur yang akan turun di ajang POMNas XVI tahun 2019. “Universitas Jember sendiri mengirimkan 5 atlet tenis lapangan, 2 atlet panjat tebing, 11 atlet catur, ditambah satu tim futsal putra. Semoga atlet-atlet Kampus Tegalboto bisa bersaing dan menjadi wakil Provinsi Jawa Timur di ajang POMNas tahun 2019 yang akan diadakan September nanti,” urai Prof Sutriono.

Kesiapan atlet Kampus Tegalboto berlaga dalam ajang selekda di Jember juga diungkapkan oleh Fauziah Azzahra, atlet tenis putri yang akan berlaga di nomor tunggal putri. “Saya sudah mempersiapkan diri selama kurang lebih dua bulan dengan cara memperbanyak latih tanding dengan sesama atlet tenis Universitas Jember. Pasalnya, dengan jam terbang yang banyak, akan mengasah teknik dan fisik sekaligus,” ungkap mahasiswi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unej ini.

Fauziah adalah salah satu atlet andalan Universitas Jember, mengingat track record-nya mumpuni. Tahun lalu, mahasiswi angkatan 2017 ini meraih juara ketiga kategori ganda putri dalam ajang Widjojo Soejono International Junior Tennis Championships ke-37 tahun 2019 di Surabaya.

Sementara itu, Moh. Hasan mengharapkan agar semua atlet menunjukkan daya juang dan kemampuannya secara maksimal, agar mereka yang muncul sebagai duta olahraga mahasiswa Jawa Timur mampu berprestasi di ajang POMNas XVI nanti. “Jaga sportivitas, boleh bersaing di lapangan, tapi silaturahmi di luar pertandingan harus dipertahankan,” katanya.

Target Bapomi Jawa Timur di POMNas XVI adalah mampu menduduki peringkat kedua. Target yang berat tapi bukan mustahil diwujudkan.

Sebagai informasi, perguruan tinggi yang mengirimkan atletnya dalam selekda di Jember di antaranya Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, STIE Widyagama Lumajang, Politeknik Negeri Jember, Universitas Jember, dan perguruan tinggi lainnya. “Selekda akan dilaksanakan mulai tanggal 28 hingga 30 Juni 2019.

Venue pertandingan, untuk tenis lapangan di lapangan tenis Kampus Tegalboto, pertandingan futsal di lapangan Jack Futsal, catur di aula lantai tiga gedung Rektorat Universitas Jember. Sementara itu, untuk cabang olahraga panjat tebing dipusatkan di Kampus Politeknik Negeri Jember,” imbuh Prof Sutriono. (*)

Reporter : Hadi Sumarsono

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono