SMPN Pinggiran Masih Banyak Pagu Kosong

BELUM MAKSIMAL: Sejumlah siswa tengah berburu kuota PPDB tahap kedua di salah satu sekolah

RADAR JEMBER.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap kedua telah berjalan sejak kemarin (28/6). Namun, SMPN di daerah pinggiran masih sepi pendaftar. Sejumlah wali murid tampaknya masih belum memanfaatkan kuota yang tersisa.

Seperti yang terjadi di SMP Negeri 2 Tempurejo. Sekolah tersebut hanya mendapatkan empat  pendaftar  tambahan. “Kalau kuota tidak terpenuhi tidak apa-apa. Berarti kita turunkan pagu jadi empat kelas,” kata Setyo Martono, Kepala SMP Negeri 2 Tempurejo.

Dia mengaku, jumlah siswa yang mendaftar pada tahun 2018 lalu mencapai 120 orang. Sedangkan tahun sekarang masih 100 siswa. Sepinya minat pendaftar itu terjadi karena jumlah siswa SD  di Tempurejo semakin menurun setiap tahunnya.

“Siswa yang mendaftar adalah warga perkebunan sekitar sini. Jarang, bahkan mungkin tidak ada siswa yang dari luar perkebunan,” terangnya. Selain itu, sekolah yang berlokasi di Dusun Sanenrejo, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, ini juga berada di lokasi yang cukup jauh.

Menurut Setyo, jarak dari Kecamatan Tempurejo menuju sekolahnya sekitar 20 kilometer. “Belakang sekolah itu sudah berbatasan dengan Silosanen, Kecamatan Silo. Hanya dipisahkan sungai,” imbuhnya.

Sekolah yang dipimpinnya itu memiliki total pagu 160. Dari jumlah itu, hanya terisi sebanyak 100 siswa, dan menyisakan 60 kuota yang kosong.  Setyo telah berupaya menjaring dan menambal kuota yang kosong itu. “Kami sudah telusuri ke sejumlah warga. Dan kami menarik kesimpulan bahwa 50 persen mereka banyak yang mondok,” akunya.

Dalam edaran yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, ada puluhan SMP negeri yang masih memiliki kuota untuk menerima peserta didik baru. Jumlah kekurangan pelajar di SMPN masih sebanyak 1845 pelajar.

Para wali murid hanya memiliki waktu mulai 27-29 Juni untuk memastikan anak-anak mereka bisa menikmati pendidikan di bangku SMP negeri. Sayangnya, hingga kemarin masih sedikit yang mendaftar di SMPN pinggiran.   (*)

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi