Mental Block Pengaruhi Berwirausaha

UBAH POLA PIKIR: Perwakilan USAID Mitra Kunci, Amrullah.

RADAR JEMBER.ID – Pertumbuhan wirausaha menjadi salah satu perhatian sebuah negara. Banyaknya masyarakat yang mandiri dengan berwirausaha membantu meningkatkan perekonomian sebuah negara. Pemerintah menargetkan, minimal 4 persen pertumbuhan wirausaha baru dari jumlah penduduk yang ada.

Perwakilan USAID Mitra Kunci, Amrullah menegaskan bahwa mental block menghambat keinginan untuk berani berwirausaha. Akibatnya, penderita akan mengalami ketakutan-ketakutan dalam memulai berwirausaha. “Adanya asumsi kerugian dan kegagalan bagi orang yang ingin mulai berwirausaha,” jelasnya.

Perlu adanya pendampingan untuk menghilangkan mental block pada diri seseorang. Mental block akan menutup peluang-peluang besar yang akan mereka dapatkan jika berani memulai. Dengan soft skill yang didorong, bisa membuka mental block. “Setidaknya masyarakat berani mengambil mimpi,” tegasnya.

Dia menyebutkan, menjadi pegawai adalah target yang masyarakat inginkan selesai lulus dalam bangku pendidikan. Tidak menutup kemungkinan pengangguran akan semakin banyak, dengan semakin tingginya lulusan tapi semakin sempitnya peluang kerja. “Penting untuk mengajarkan berani dalam berwirausaha,” katanya.

Berwirausaha berdampak positif pada akselerasi pembangunan ekonomi di kabupaten/kota serta berkontribusi secara signifikan. “Penciptaan usaha ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” imbuhnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Hadi Sumarsono