Instansi Ditegur karena Tak Kibarkan Merah Putih

PASANG BENDERA: Petugas Polsek Sumbersari memasang bendera Merah Putih di di kawasan ATM Center/BRI Unit Kampus.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Peraturan pengibaran bendera merah putih di beberapa tempat, rasanya masih belum optimal diterapkan. Hal itu terlihat di sejumlah instansi pemerintah dan BUMN yang masih banyak belum mengibarkan bendera. Karena itu, Jumat (28/6) kemarin, instansi tersebut mendapat teguran.

Kapolsek Sumbersari Kompol Faruq Mustafa Kamil menjelaskan, aturan pengibaran bendera sudah jelas. Aturan ini ditegaskan dalam Pasal 9 ayat (1) UU 24/2009. Dalam ketentuan itu instansi pemerintah harus mengibarkan bendera negara. Selain di Hari Kemerdekaan, pengibaran bendera negara juga wajib dilakukan setiap hari.

Sayangnya, tak semua instansi mengindahkan aturan itu. Masih ada juga yang membandel, dan membiarkan halamannya tanpa bendera. “Harusnya instansi tersebut paham,” jelas Faruq.

Untuk itu, Polsek Sumbersari menggelar patroli dialogis di wilayah polsek setempat. Mereka berkeliling ke sejumlah tempat dan instansi. Ternyata, petugas masih mendapati tiang bendera di beberapa instasi dibiarkan kosong.

IKLAN

Seperti yang saat itu didapati petugas di kawasan ATM Center/BRI Unit Kampus. Seketika, petugas memberikan teguran secara tertulis. Kemudian, pihak polsek membeli bendera Merah Putih dan langsung mengibarkannya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat diminta lebih paham mengenai peraturan yang sudah ada. Harapannya, bisa menambah rasa nasionalisme. “Sedangkan sanki bagi instasi tersebut, mulai dari peringatan tertulis dan menegur petugas satpam yang berdinas,” tandasnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih