Bagi-bagi Cendera Mata Ramaikan Harganas

TURUN JALAN: Puluhan angggota Insan Genre Jember dan PIK-R punya cara tersendiri memperingati Harganas. Mereka membagikan cendera mata kepada pengguna jalan.

RADARJEMBER.ID, JEMBER– Senam dan pembagian cendera mata serentak dilakukan secara nasional oleh Insan Generasi Berencana (Genre). Di Jember, Genre menggelar aksi serupa. Mereka turun ke jalan membagikan cendera mata ke para pengendara untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26, Sabtu (29/6).

Sebanyak 60 remaja berasal dari Insan Genre Jember dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) membagikan bolpoin, pin, gantungan kunci dan makanan ringan. Setelah  itu, mereka melakukan senam sehat bersama di Taman Adipura Alun-alun Jember.

“Pembagian souvenir dan senam bersama ini merupakan puncak kegiatan Harganas. Kami melakukan kegiatan itu sejak pukul 06.00 pagi di perempatan traffic light depan SMPN 2 Jember,” kata Adi Mansyah, Ketua Pantia Harganas ke 26 Kabupaten Jember.

Mahasiswa semester VI, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember itu menegaskan, tujuan pembagian cendera mata di pinggir jalan itu tidak lain untuk mengingatkan kepada masyarakat, bahwa membangun keluarga harmonis harus di awali dari keluarga yang terencana.

“Mengingat di tahun 2020-2045 Indonesia memasuki bonus demografi. Karena itu perlu dipersiapkan dari sekarang, yang dimulai dari keluarga untuk menciptakan generasi muda berkualitas,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Muslihatul Aima dari Insan Genre Jember. Menurutnya, keluarga itu merupakan pondasi utama mencetak generasi muda cerdas, tangguh dan handal. Apa yang dilakukan Insan Genre Jember dan PIK R itu tak hanya dilangsungkan di pusat kota, mereka juga melanjutkan aksi serupa di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) di Kecamatan Jenggawah. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih