Sunat Dulu Sebelum Masuk Kelas Baru

Ajarkan Kepedulian Sosial ke Masyarakat

ANTUSIASME SI KECIL: Belasan anak-anak terlihat menanti giliran di sunatan massal di Pondok Pesantren (PP) Bustanul Ulum Mlokorejo

RADAR JEMBER.ID – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah berjalan selama beberapa waktu lalu. Di sisi lain, menjadi momen liburan bagi para siswa. Seolah tak ingin meninggalkan momen libur sebelum kembali ke sekolah, sejumlah siswa justru mengisi dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya adalah dengan mengikuti sunatan massal.

Acara yang digelar di Pondok Pesantren (PP) Bustanul Ulum Mlokorejo itu diikuti oleh sekitar 25 anak yang berasal dari berbagai kecamatan. Seperti kecamatan Puger, Balung, Gumukmas, Kencong, dan Kecamatan Yosowilangun Lumajang.

“Agenda sunatan ini gratis. Memang diperuntukkan untuk masyarakat yang kurang mampu,” kata Muhyiddin, salah seorang ketua panitia acara. Karena digratiskan, antusiasme peserta yang datang dianggapnya cukup tinggi. Mereka tak hanya disunat gratis, namun turut mendapatkan sejumlah bingkisan dan pesangon dari panitia.

Selain bertujuan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, agenda sunatan massal itu juga diperuntukkan membangun kepedulian mereka melalui agenda sosial. “Selain untuk kegiatan sosial, memang sudah menjadi kewajiban bagi laki-laki. Karena biaya sunat sekarang mencapai Rp 500 ribu. Itu tentu memberatkan bagi keluarga kurang mampu,” tambahnya.

Tak hanya melakukan sunatan massal, pihaknya juga melakukan agenda donor darah yang bekerja sama dengan PMI Jember. Kegiatan itu diikuti oleh wali murid yang mengantar anaknya sunat, santri pondok, dan masyarakat sekitar. Harapannya, dengan agenda tersebut, para peserta yang masih anak-anak itu dapat terbangun jiwa sosialnya.

Muhammad Asyiqul Anam, salah satu peserta dari Gumukmas, menuturkan, kedatangannya mengikuti sunatan massal untuk mengisi waktu libur sekolahnya sebelum mengikuti tahun ajaran baru. “Sangat senang sekali, karena dapat teman baru. Jadi, masuk kelas baru, kita sudah sunat,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : Maulana

Editor : Hadi Sumarsono