Iwan, Anak Tukang Servis TV yang Ingin Jadi Aranger Terkenal

Penyandang Tunanetra di Jember Ciptakan Empat Lagu Dangdut

REPUTASI NASIONAL: Morentio Ridwan merasa bangga karena bisa mengiringi Dewi Yul, artis nasional saat peringatan HDI di Kabupaten Jember beberapa tahun lalu.

RADARJEMBER.ID– Bakat memainkan piano dalam diri Morentio Ridwan, penyandang tuna netra, terlihat sejak usia balita. Anak kedua pasangan Marsam dan Siti Aminah, warga Dusun Krajan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang ini, kemampuannya bermain musik piano tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, Iwan panggilan keseharian murid kelas XII, SMK Islam Bustanul Umum (IBU) Pakusari tersebut, di tahun 2015 lalu berhasil meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur di Batu Malang, pada lomba memainkan alat musik modern.

Kemudian di tahun yang sama, anak tukang servis televisi tersebut berkesempatan berlaga ke tingkat nasional dalam lomba serupa di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Palembang, Sumatra Selatan. Pelajar jurusan multimedia itu menyabet juara 2.

“Anak saya mahir bermain piano secara autodidak tanpa ada yang mengajari. Sebagai orangtua saya tetap mendukung apa yang dilakukan oleh Iwan. Anak saya kini semakin terampil bermain piano. Bahkan tergabung di grup musik dangdut Tombo Ati,” jelas Marsam.

Kendati Iwan memiliki prestasi menonjol di bidang musik, namun prestasi akademik Iwan tetap tergolong baik, bahkan di atas rata-rata. Usai menamatkan sekolahnya tahun depan, penyandang tunanetra itu mengaku tak ingin meninggalkan profesinya sebagai musisi yang telah digelutinya itu. Karena dia berkeinginan menjadi aranger atau pencipta lagu terkenal.

“Saya tidak ingin hanya bisa memainkan alat musik, namun sekaligus bisa menciptakan lagu, khususnya lagu dangdut. Kini saya menciptakan empat buah lagu bernuansakan dangdut,” terang Iwan.

Di saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2016 di Kabupaten Jember, Morentio Ridwan pernah tampil bareng satu panggung mengiringi Dewi Yul, artis nasional, di hadapan Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan ratusan penonton. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih