Pemkab Gandeng Kodim Perbaiki IPM

Lewat Safari Baksos TNI-KB-Kesehatan

LUMAJANG  RADARJEMBER.ID– Problem dasar Kabupaten Lumajang adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kemarin terobosan baru dicanangkan dengan menggandeng TNI.

Yakni lewat program Safari Baksos TNI-KB-Kesehatan. Upaya itu untuk mendongkrak IPM.Pencanangan Safari itu digelar dalam rangka revitalisasi program KB Nasional 2019 di Panti PKK pagi kemarin.

Bupati meng apresiasi semua upaya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. “Semua yang dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, sebab kami tidak bisa bekerja sendiri,” tegasnya.

Bupati mengatakan, bahwa KB tidak hanya tentang  dua anak cukup. Tetapi juga bagai mana ibu dan anak sehat. “Tapi melakukan sosialisasi, komu nikasi, melakukan langkah-lang kah agar memiliki anak yang sehat, dan para ibu hamil juga sehat,” ujarnya.

IKLAN

Sementara itu, Komandan Kodim 0821 Letkol. Inf Ahmad Fauzi menyampaikan, pem ber-dayaan masyarakat merupakan salah satu tugas TNI. Yaitu melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan darat yang dilak-sanakan oleh TNI AD melalui pembinaan teritorial.

Dandim 0821 itu menjelaskan, Program KB pada hakikatnya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan peduduk. Sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang disiapkan pemerintah serta ketersediaan sumber daya.

Dandim sependapat, KB tidak hanya tentang alat kontrasepsi. Namun lebih dimaknai sebagai program untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Tapi juga sebagai upaya untuk me-ningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pengaturan jarak kelahiran dan program pem-ber dayaan ekonomi,” jelasnya.

Di sisi lain, Pasiter Kodim 0821 Lumajang, Kapt. Inf. Ahmad Eli Supriyadi melaporkan, program tersebut merupakan upaya mem bantu pemerintah mena-ngani masalah kependudukan. Serta meningkatkan SDM guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan.

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan