Dilayani 3 Kali dalam Seminggu di Lantai 3 RSBS

RSBS Berikan Kemudahan Layanan Rehabilitasi Medik

LAYANI REHABILITASI MEDIK: Pasien yang gangguan fisik dan fungsi dapat menjalani rehab medik di RSBS Kaliwates.

RADAR JEMBER.ID – Layanan spesialis semakin ditingkatkan dengan ditambahnya poli rehabilitasi medik yang berada di lantai 3 Rumah Sakit Bina Sehat Jember (RSBS). Poli ini ditangani oleh dr E. S. Ecaterina Silaen Sp KFR. Pasien dengan gangguan fisik dan fungsi dapat mengakses layanan dengan mudah. Layanan itu dengan pilihan jam pelayanan 3 kali dalam seminggu.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSBS dr Tontowi Jauhari mengungkapkan, bertambahnya pelayanan tersebut adalah bentuk komitmen RSBS dalam upaya mengoptimalkan pelayanan untuk masyarakat Jember dan sekitarnya. Sebab, sebagai fasilitas kesehatan, RSBS memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan anggota keluarga yang diharapkan nantinya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

“Adanya pelayanan rehabilitasi medik dilayani oleh dokter spesialis rehabilitasi medik yang juga didukung oleh tenaga fisioterapis yang berpengalaman, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fungsional seseorang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sehingga dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas hidup,” ungkapnya.

Sementara itu, dr E. S. Ecaterina Silaen Sp KFR menjelaskan, konsultasi rehabilitasi medik dapat dilakukan terhadap penderita yang memiliki gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi sakit, penyakit cedera, atau usia, baik laki-laki maupun perempuan.

IKLAN

“Tiap pasien memiliki kebutuhan rehabilitasi medik dengan jenis dan tingkat rehabilitasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tindakan rehabilitasi medik yang diberikan akan disesuaikan dengan riwayat kesehatan yang dimiliki,” jelas dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi yang akrab disapa Eca ini.

Dia melanjutkan, rehabilitasi medik adalah cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap keluhan pada gangguan saraf, gangguan otot, gangguan sendi, serta gangguan tulang. Kegiatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan diagnosis medik dan fungsional, mengatur program dan memantau terapi, juga mengevaluasi kemajuan terapi.

“Dari seluruh rangkaian tersebut, hasil akhir dari rehabilitasi medik yang telah dilakukan tergantung dari tingkat keparahan kondisi yang dialami. Juga ditunjang dengan motivasi dan semangat dari pasien yang menjalani terapi,” pungkasnya.

Terkait layanan spesialis rehabilitasi medik tersebut, pasien dapat datang langsung ke RSBS di Jalan Jayanegara 7, Kaliwates, Jember atau menghubungi bagian Pendaftaran Rawat Jalan di nomor telepon (0331) 412361 atau 422701 ext. 111. (*)

Reporter : Hadi Sumarsono

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono