Produk UMKM Jember Siap Ekspor ke Tiongkok

MENGGEMBIRAKAN: Produk UMKM Jawa Timur, terlebih lagi dari Kabupaten Jember, ternyata layak ekspor. Kepastian itu datang dari pengusaha Tiongkok saat bertemu pelaku UMKM di Surabaya.

RADAR JEMBER.ID – Sebanyak 12 orang pengusaha asal Tiongkok mengagumi produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) Jawa Timur. Hal itu terlihat saat belasan pengusaha UMKM berkesempatan menggelar produknya di Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Enam UMKM Kota Suwar-Suwir itu sengaja diundang dinas tersebut untuk memamerkan produknya.

Produk Jember yang membuat pengusaha Tiongkok kagum, di antaranya cerutu, kopi, replika bonsai tembaga, pengharum mobil berbahan dasar kopi, rajut, dan aksesori.

“Apa yang dipamerkan ini merupakan produk unggulan daerah dan siap diekspor ke Tiongkok. Untuk bisa pamer produk di hadapan pengusaha asing tersebut tidaklah muda, karena harus melewati seleksi anjungan nusantara. Seleksinya meliputi keunikan produk dan kualitas. Setelah melewati seleksi tersebut, terpilih 13 UMKM untuk meramaikan pameran ini dan dari Kabupaten Jember sendiri terwakili 6 UMKM,” tukas Tutuk Kurnia, salah seorang pelaku UMKM dari Kabupaten Jember.

Rombongan dari Tiongkok itu adalah buyer atau calon pembeli. Sementara itu, Shen Ruilin, pengusaha asal Tiongkok sekaligus pemilik perusahaan China Ocean Trading Co.Ltd, mengaku sangat tertarik dengan produk UMKM Jawa Timur, khususnya dari Kabupaten Jember. Melalui juru bicaranya, pengusaha muda Tiongkok itu siap membuka kran ekspor UMKM Jawa Timur.

Sementara itu, Roni Efendi, pelaku UMKM Kabupaten Jember yang ikut dalam pameran di Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, menyatakan siap untuk mengekspor produknya berupa replika bonsai tembaga ke Tiongkok. ”Hal ini merupakan angin segar untuk memajukan industri kecil agar bisa menembus pasar ekspor,” katanya. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Hadi Sumarsono