Aksi Unik PMII FIB Universitas Jember

Kampaye Anti Narkoba Sambil Memungut Sampah

TAK SEKEDAR BERSIH-BERSIH: Aksi memungut sampah yang dilakukan aktivis PMII FIB Unej ini mencuri perhatian mahasiswa. Sehingga momen itu dimanfaatkan untuk mengampanyekan bahaya narkotika ke sesama mahasiswa.

RADARJEMBER.ID– Sejumlah mahasiswa Universitas Jember memiliki cara berbeda dalam memperingati Hari Anti Narkotika. Mereka tak hanya menyerukan agar para pemuda menjauhi obat berbaya itu melalui pamflet dan poster, tapi juga mengampanyekannya dengan memunguti sampah yang berserakan di lapangan kampus setempat.

Aksi yang dilakukan aktivis PMII Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember tersebut berlangsung mulai pukul tiga sore hingga menjelang maghrib, Rabu (26/6) kemarin. Lokasi yang dipilih di daerah yang biasa menjadi tempat berkumpul. Yaitu di kawasan lapangan Unej dan depan kantor rektorat. Puluhan anak muda itu menjinjing plastik hitam besar sambil berjalan kaki memungut sampah.

Koordinator aksi Hanafi menjelaskan, kegiatan memungut sampah menjadi salah satu cara agar menarik perhatian orang yang sedang melakukan aktivitas di lapangan itu. Sehingga ketika ada mahasiswa yang memperhatikan, mereka menyampaikan bahaya narkoba. “Mengingatkan bahwa narkoba tidak mengenal batas usia. Siapapun bisa menjadi korban. Kita juga memberi penjelasan-penjelasan sembari aksi memungut sampah,” jelasnya.

Selain mengampanyekan bahaya narkotika, aksi itu juga untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, serta menyadarkan orang-orang untuk bertanggungjawab atas sampah masing-masing. Muncul beberapa dialog dalam aksi tersebut. Beberapa mahasiwa yang melihat juga terlibat percakapan tentang bahaya narkoba. “Iya orang-orang sekitar memperhatikan aksi yang kami lakukan. Saat itulah kami mendekat dan mulai ngobrol,” ujarnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih