Lomba Pos Kamling HUT ke-73 Bhayangkara

Warga Diajari Tangkap Maling tanpa Senjata

SIMULASI: Petugas pos kamling di Desa Rejoagung, Kecamatan Semboro menggelar simulasi cara menangkap maling.

RADARJEMBER.ID- Banyak cara yang dilakukan Polres Jember untuk menciptakan kondisi yang aman di masing-masing wilayah. Salah satunya dengan mengadakan lomba pos kamling. Lomba ini dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara.

Lomba ini diikuti lebih dari 30 kelompok di 6 rayon wilayah Polres Jember. “Untuk satu rayon diikuti lima pos kamling. Jadi totalnya ada 30 kelompok,” ujar AKP Viebe Panomban, Kasat Binmas Polres Jember.

Menurutnya, yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut di antara petugas jaga harus hafal dengan kode morse atau isarahat dari suara kentongan. Selain itu, di pos juga harus ada ruang tahanan, sehingga ketika ada pelaku pencurian yang berhasil ditangkap warga untuk sementara bias diamankan di pos kamling.

Selain itu di pos juga harus ada perlengkapan seperti kentongan dan borgol. Kepada petugas jaga, juga harus mampu menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing. Setiap pos kamling yang mewakili per rayon diwajibkan bisa memeragakan cara menangkap maling. “Jadi, menangkap pelaku itu tidak harus menggunakan senjata tajam, tapi dengan cara bela diri atau cara lainnya,” jelasnya.

Untuk pos kamling yang ada di Desa Rejoagung, Semboro ini, dia menilai sudah layak. Karena di pos jaga sudah dilengkapi kamar kecil. Viebe berharap, untuk menjaga lingkungan harus dilakukan secara rutin. “Sehingga tidak hanya saat ada lomba saja, tapi dengan siskamling desa akan menjadi aman dari gangguan dan aksi kriminal,” pungkas Viebe, yang didampingi Iptu Facthur Rahman, Kapolsek Semboro. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih