Komitmen Dorong Pembangunan Perumahan Rakyat

JAGA KEKOMPAKAN: Masih nuansa Idul Fitri, seluruh anggota DPD Apersi Jatim berkumpul di Hotel Meotel Jember, kemarin. Mereka mengadakan halalbihalal bersama.

RADAR JEMBER.ID – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) terus bertekad untuk menyukseskan program pemerintah di bidang perumahan rakyat. Karena itulah, sebagai organisasi yang bergerak di bidang perumahan, Apersi juga akan mendorong dan berkomitmen membangun rumah sederhana dan sederhana sehat yang kini kian digalakkan.

Termasuk di wilayah pengembangan perumahan untuk Kabupaten Jember. Apalagi, pemerintah daerah melalui DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pemkab Jember sudah melakukan kemudahan birokrasi. Karena itu, pengurusan administrasi perumahan berjalan cepat dan lancar. ”Dulu orang segan mengurus perizinan. Karena prosedurnya dianggap mbulet. Sekarang (kalau semua syarat sudah lengkap), nggak sampai satu jam. Paling 30 menit sudah selesai,” tegas H Syafei, Kepala DPM-PTSP Pemkab Jember, kemarin.

Ungkapan itu disampaikan dalam acara halalbihalal yang digelar DPD Apersi Jatim di Hotel Meotel Jember, Jalan Karimata, pagi kemarin.

Pemerintah daerah akan berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik agar setiap izin yang diajukan bisa segera difasilitasi.

Syafei juga akan mendorong agar Apersi ikut berperan aktif dalam menciptakan rumah layak huni bagi seluruh masyarakat. ”Pelaku usaha perumahan setidaknya memang harus menyediakan rumah bagi milenial. Hal ini karena jumlah kemampuan mereka dalam kepemilikan rumah cukup banyak. DPM-PTSP Pemkab Jember akan mendukung sepenuhnya,” lanjutnya.

Acara halalbihalal itu sendiri berjalan dengan sangat marak. Selain Drs Syafei sebagai Kepala DPM-PTSP, acara juga dihadiri Ketua Apersi Jatim Makhrus Sholeh. Selain Apersi Jember, beberapa koordinator wilayah (korwil) juga hadir. Di antaranya Apersi Korwil Banyuwangi, Malang, Jombang, dan beberapa kota lain. ”Ini wujud kekompakan kami. Juga sebagai bentuk komitmen bersama bahwa Apersi akan berkolaborasi untuk mewujudkan program pemerintah lewat pembangunan perumahan rakyat,” kata Ketua Apersi Korwil Jember Amran Gunarso

Dia juga mengatakan, perlu dibangun silaturahmi yang baik di setiap lini agar koordinasi dalam pembangunan perumahan dapat berjalan lancar. ”Tentu sinergi dan kolaborasi produktif menjadi hal yang sangat penting dan harus selalu diterapkan” lanjutnya.

Amran Gunarso juga mengucapkan terima kasih pada Kepala DPM-PTSP Kabupaten Jember atas perhatian dan kerja samanya dalam menyikapi dan mempercepat segala perizinan terkait perumahan. ”Karena kecepatan penyelesaian perizinan merupakan awal mula dari keberhasilan pembangunan perumahan. Khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Di momen itu Apersi Korwil Jember juga mengundang seluruh pemangku kebijakan dan mitra strategis guna meningkatkan kerja sama yang baik guna menciptakan kinerja yang maksimal dalam pencapaian pembangunan perumahan. (*)

IKLAN

Reporter : Hadi Sumarsono

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono