Cak Thoriq Kunjungi Desa Krisis Air

Cari Solusi Jitu Penanganan Kekeringan

CARI SOLUSI : Bupati Thoriqul Haq ketika melihat kondisi kekeringan di Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso. Sempat berdialog dengan warga untuk mencari solusi terbaik menangani kekeringan.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Setelah beberapa kali diberitakan terkait kekeringan, Bupati Lumajang langsung meres-pon. Kemarin, kunjungan dilakukan di sejumlah kawasan terdampak. Selain berdialog mencari solusi bersama warga, juga dilakukan pengecekan sumber mata air.Bupati berangkat ke lokasi krisis air jam 10.00 dari kantor Pemkab.

Menuju ke Kecamatan Ranuyoso. Berlanjut ke Desa Wonoayu, Desa Wates Wetan, Wates Kulon Ke camatan Ranuyoso. Baru kemu dian ke Desa Pena wungan. Disana berdialog de ngan warga dan melihat langsung derita warga yang terdampak krisis air. Rombongan bupati yang didam-pingi sejumlah OPD melanjutkan ke Kecamatan Klakah.

Tak hanya berdialog, Cak Thoriq juga menda-tangi potensi sumber mata air disana. Sumber mata  air yang berpotensi dioptimalkan untuk disalurkan ke kawasan krisis air.Selama ini, kawasan yang terdampak mengalami krisis air tersebut hanya mendapat droping air saja dari Pemkab Lumajang. Jumlah penduduk yang banyak tersebut masih menikmati air dengan terbatas.

“Penanganan dalam waktu dekat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ya dengan mengantar tangki air,” ujarnya.Menurut pantauan radarjember.id ada beberapa Desa yang nyaris tidak tersentuh aliran air selama berminggu-minggu.

IKLAN

Kondisi tersebut mengakibatkan masyarakat melakukan penghematan air.Padahal di sekitar kawasan tersebut terdapat sumber mata air dari Ranubedali yang cukup melimpah. Namun pemanfaatan sumber mata air tersebut belum bisa maksimal.

“Nanti ditahun 2020 sudah selesai jaringan infrastuktur sarana air bersihnya,” tambahnya.Dalam waktu dekat, pemerintah akan fokus melengkapi fasilitas untuk mendukung distribusi air yang merata.

“Kalau daerah Wates Wetan ini bisa terlayani dengan baik, maka akan kita kembangkan ke daerah yang lain,” tambahnya.

Lebih lanjut Cak Thoriq akan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang dalam hal ini mempunyai sumber mata air seperti Kudus dan Lainnya. “Nanti saya komunikasi dengan pihak kudus melalui teman teman di Pemkab, kalau misalkan itu bisa dilaksanakan akan dilaksanakan,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan