Teater Spikul, Agenda Ekstrakurikuler dari SMA Pakusari

Dari Hobi, Berlanjut Peduli, Hingga Meraih Prestasi

Imbangi Kemandirian Belajar dengan Bermain Teater

Dalam setiap perform atau penampilannya itu, membutuhkan persiapan yang variatif, tergantung permintaan undangan dan naskah yang akan ditampilkan. “Paling cepet bisa beberapa hari atau seminggu. Jika menghadiri acara dari pemerintah mengikuti kompetisi, minimal persiapan sekitar sebulan,” kata Muhammad Erdianto, salah seorang ketua Teater Spikul.

Dia sendiri termotivasi ikut teater karena ingin mendalami berbagai macam jenis teater. Seperti teater drama, kolosal, tradisonal, modern, monolog, dialog, dan teater abstrak. “Dari SMP sudah mengikuti teater, dari SMA ingin mendalami lagi bahkan bisa ingin menjadi pemain teater di ISI Yogyakarta,” tutur siswa yang juga mengidolakan Dani Hendarto itu.

Tak hanya mengidolakan sosok pelatihnya itu, ia juga menganggap sebagai orang tusa keduanya. Karena sering memberikan masukan, solusi terhadap anak-anak saat ada masalah atau mereka butuh teman curhat.

Penghasilan yang ia terima dari penampilannya bersama teman-temannya itu dimasukkan di dalam kas Spikul. Menurutnya, pihak sekolah jarang memberikan support lebih dalam setiap kebutuhan penampilan mereka.

“Pak Dani Hendarto ngajari kita untuk terbiasa patungan atau iuran. Jika penampilan dapat salaman, maka akan disimpan untuk kas untuk kebutuhan penampilan Spikul selanjutnya,” tutur remaja 18 tahun.

Selain itu, selain belajar mendalamai dunia peran, siswa asal Desa Sumberjati Kecamatan Sempolan itu bersama anggotanya yang lain juga diajari untuk hemat dan mandiri. “Kadang akomodasi saat tampil atau properti kami biasa patungan dengan teman-teman yang lain,” imbuhnya.

Tak hanya Dani sang sutradara Spikul, Erdianto selaku ketua juga juga menuturkan keinginannya dalam mendalami dunia seni, yaitu bisa mengaktualisasikan semua bakatnya. Ia berharap besar, kiprahnya bersama temannya itu bisa terus berlanjut. “Semoga Teater Spikul Pakusari bisa tetap lesatari. Minimal masing-masing dari mereka bisa menjadi kebanggaan kedua orangnya di rumah nanti,” katanya.  

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono