Teater Spikul, Agenda Ekstrakurikuler dari SMA Pakusari

Dari Hobi, Berlanjut Peduli, Hingga Meraih Prestasi

Khasanah Perjuangan Tokoh Lokal

MENURUT Dani, Teater Spikul sendiri menampilkan beberapa jenis naskah perjuangan para tokoh tokoh lokal Jember dan legenda masyarakat sekitar. Seperti perjuangan Letkol Sroedji, Perjuangan Bura, pahlawan dari Pakusari, dan lain-lain.

Hal itu menurutnya juga sangat bermanfaat untuk para anak didiknya. Dia terinspirasi dari jargon yang pernah diusung oleh Bung Karno, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah atau (Jas Merah).

Saat ini, ia tengah mengkampanyekan salah satu pahlawan Jember yang namanya redup tapi memiliki peran besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan masyarakat Jember.

Seperti Jalan Mastrip atau daerah Mastrip, terdengar sangat umum bagi sebagian besar masyarakat. Legenda yang melekat di pada nama itu menurut Dani adalah sebuah kepanjangan dari Pasukan Mastrip.

Mas itu panggilan orang Jawa kepada laki-laki yang lebih tua. Trip adalah sebuah kepanjangan Tentara Republik Indonesia Pelajar (Trip),” katanya. Sehingga jika digabung, sekumpulan pemuda yang turut berjuang dalam masa penjajahan tempo dulu.

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono