PPDB Tahap II TK SD Dibuka Hari Ini

RADARJEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) kembali membuka pendaftaran bagi siswa yang belum diterima di sekolah pemerintah. Ini sebagai upaya pe­merintah daerah untuk mem­fa­silitasi calon siswa yang ingin menempuh pendidikan di sekolah negeri. Untuk itu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD Negeri dan TK Negeri tahap kedua mulai dibuka hari ini, Selasa 25 Juni 2019.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengatakan, pembukaan PPDB tahap ke dua untuk SD dan TK Negeri karena masih ada sisa kuota dari pagu yang telah di­te­tapkan. Sehingga, kata dia, Pemkab kembali membuka PPDB tahap kedua khusus bagi sekolah yang pagunya masih tersedia.


Jadwal pendaftaran PPDB TK Negeri mulai Selasa 25 Juni – Sabtu 29 Juni 2019. Sementara untuk SDN dari Selasa 25 Juni – Kamis 27 Juni 2019. Faida menambahkan, pembukaan PPDB ini bermaksud memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bisa sekolah di SD Negeri dan TK Negeri.

Pada PPDB tahap kedua ini proses seleksinya juga di­per­mu­dah. Tidak lagi memakai sistem zonasi. Jadi siapa saja boleh mendaftar ke sekolah sisa kuota pagunya masih ada. “Tidak ada zonasi, semua bisa daftar asalkan masih ada sisa kuota di sekolah tersebut,” tuturnya.

IKLAN

DAFTAR PAGU SD GELOMBANG II, LIHAT DI SINI

Faida juga menjelaskan, proses pendaftaran TK dan SD Negeri tersebut adalah offline yaitu daftar langsung ke sekolah masing-masing. Proses seleksi dalam PPDB tahap kedua itu, pada in­tinya siapa yang mendaftar terlebih dahulu berarti paling besar potensinya diterima.

Faida juga menegaskan, sekolah jangan mempersulit orangtua yang ingin mencabut berkas ke sekolah dituju sebelumnya. Sebab, salah satu proses daftar ke sekolah di PPDB tahap kedua ini harus cabut berkas terlebih dahulu. “Sekolah harus mempermudah proses cabut berkas. Sekolah juga ja­ngan mempersulit ada siswa yang daftar di PPDB tahap kedua. Juga tidak boleh ada kata titip-titipan,” tegasnya.

Sementara Kepala Dispendik Jember Edy Budi Susilo me­nam­bahkan, dari seluruh total SD Negeri di Jember yaitu 908 lembaga, ada 685 SDN yang kuotanya masih sisa. “Jadi ada 685 SDN yang belum terisi penuh. Dan SDN itulah yang me­nerima PPDB tahap kedua,” imbuhnya.

Sementara dari 6 lembaga TK Negeri masih ada sisa kuota 216 kursi. Sehingga sisa kuota inilah yang bisa diakses di PPDB tahap kedua. Dia juga mempertegas, PPDB kali ini baik untuk SD maupun TK Negeri tidak ada zonasi lagi.

“Jadi siapa yang daftar duluan itulah yang berpotensi bersar di­terima. Siapa yang cepat dia yang dapat,” pungkasnya.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih