Lulusan UT Jember Raih Predikat Wisudawan Terbaik

TERBAIK: Wisudawan UT Jember, yaitu Muhammad Anwaruddin SPd, Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) dinobatkan sebagai wisudawan terbaik, dengan IPK 4.00.

RADARJEMBER.ID – Wisuda adalah tradisi upacara akademik yang menandai tamatnya studi mahasiswa dari perguruan tinggi. Secara rutin, wisuda diselenggarakan di UT Pusat dengan jumlah peserta terbatas yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Lulusan yang berhak mengikuti wisuda akan mendapat undangan dari Rektor UT.

Wisuda Universitas Terbuka Periode II Wilayah I tahun 2019 dilaksanakan dalam dua hari. Hari pertama yakni Senin (17/06) dengan agenda kegiatan temu wicara dan seminar. Sedangkan hari kedua, yakni 18 Juni, adalah acara puncak wisuda program pascasarjana, sarjana, dan diploma.

PUNCAK ACARA WISUDA: Wisuda Universitas Terbuka Periode II Wilayah I tahun 2019 dilaksanakan dalam dua hari dengan agenda kegiatan temu wicara dan seminar, serta wisuda program pascasarjana, sarjana, dan diploma pada hari kedua.

Sesuai dengan tradisi di UT, menjelang penyelenggaraan Wisuda Periode II 2018/2019 Wilayah 1, panitia mengawali dengan acara temu wicara dan seminar nasional di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Temu wicara ini dilakukan antara jajaran pejabat UT dan wisudawan sebagai sarana untuk saling berkenalan dan berdiskusi maupun memberi masukan yang membangun bagi UT.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof Ojat Darojat MBus PhD menyampaikan bahwa UT terus berevolusi dari perguruan tinggi konvensional menjadi perguruan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ). Acara dilanjutkan dengan seminar bertema Peran Ombudsman RI untuk Menjamin Akuntabilitas Layanan Publik dengan pembicara Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai SH LLM PhD dan dimoderatori oleh Dr Susanti Si.

IKLAN

Seminar nasional ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang peran lembaga dan memanfaatkan layanan Ombudsman RI sebagai penjamin akuntabilitas pelayanan publik. Pentingnya peran dan keberadaan Ombudsman RI bagi masyarakat, sehingga perlu adanya sosialisasi bagi wisudawan Universitas Terbuka (UT) yang besar berasal dari beragam latar belakang pekerjaan dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini dimaksudkan, apabila terjadi maladministrasi dalam pelayanan publik, dapat melaporkannya ke Ombudsman RI. Acara ditutup dengan sosialisasi Guru Pintar Online (GPO), Sumber Pembelajaran Terbuka (Suaka-UT) dan Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT).

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak wisuda program pascasarjana, sarjana, dan diploma. Pada hari kedua ini, sebanyak 50 orang lulusan dari UT Jember resmi menyandang gelar sebagai lulusan diploma, sarjana, dan pascasarjana. Dalam sambutannya, Rektor UT Prof Ojat Darojat MBus PhD mengucapkan selamat kepada para wisudawan karena telah menyelesaikan pendidikan tinggi dan memetik hasil dari kerja keras selama menempuh pendidikan di UT.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UT diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mohammad Yunus SS MA menetapkan wisudawan UT Jember, yaitu Muhammad Anwaruddin SPd, Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) sebagai wisudawan terbaik, dengan IPK 4.00 (predikat dengan pujian). Sementara itu, lulusan terbaik program sarjana adalah Henky dari Program Studi Ilmu Hukum UT-Denpasar, serta kategori pembelajar yang tangguh yakni Rusliansyah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis.
Acara Wisuda ditutup dengan pengucapan Terima kasih, juga oleh wakil wisudawan dari UT Jember.

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti