Peneliti FKIP Unej Bekali Microsoft Publisher dan Flash Player

Kenalkan Inovasi Pembelajaran Masa Kini

MENYIMAK: Sebanyak 52 tenaga pendidik SD KKG Gugus saat menerima materi terkait pemanfaatan perkembangan teknologi untuk pembelajaran.

RADAR JEMBER.ID – Perkembangan teknologi yang memiliki dampak pada kehidupan masyarakat tampaknya disambut baik oleh ketiga peneliti dari Universitas Jember (Unej). Hal tersebut dibuktikan dengan pemberian bekal kepada 52 tenaga didik di SD KKG Gugus 05 Desa Kemuninglor, Kecamatan Arjasa, Jember.

Pembekalan tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan pengabdian ketiga peneliti dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unej. Mereka adalah Arika Indah Kristiana SSi MPd, Titin Kartini SPd MPd, dan Ridho Alfarisi SPd MSi.

Dengan tema ‘Pemanfaatan Learning Cycle (3E) dalam Pendampingan Pendidik Mengembangkan Media dan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal’, mereka mengupas panjang lebar 3E tersebut.

“Sekolah harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin cepat supaya tidak tertinggal jauh dari peradaban,” tutur Arika Indah Kristiana, salah seorang peneliti.

IKLAN

Menurut dia, pembelajaran selama ini masih berjalan secara konvensional, sehingga dibutuhkan suatu terobosan baru dalam segi pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi.

Jadi, kata dia, sangat diperlukan pengembangan suatu media pembelajaran yang interaktif serta perangkat pembelajaran yang berbasis digital dan tidak menghilangkan kearifan lokal daerah tersebut. “Kami bertiga menyampaikan materi secara bergantian, sesuai dengan pembagiannya. Agar peserta memahami betul materi yang disampaikan,” ungkapnya kembali.

Arika Indah Kristiana juga memaparkan mengenai media pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang interaktif berbasis kearifan lokal. Sedangkan Titin Kartini menyampaikan pentingnya Microsoft Publisher, dasar pengoperasian Microsoft Publisher, dan pembuatan lembar kerja peserta didik. Sementara itu, Ridho Alfarisi banyak menyajikan pengenalan dasar Flash Player sebagai alat bantu dalam pembuatan slide presentasi yang menarik dan interaktif. Dia mengenalkan pengoperasian dasar Flash Player. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Shodiq Syarif