Pemilihan Ketua RW di Perumahan BTB Kaliwates

Form C-1 Ditulis Tangan

DATANGI TPS: Warga Perumahan Bumi Tegal Besar, RW 18, saat mendatangi TPS di Blok BJ, Minggu (23/6) kemarin. Meski hanya pemilihan ketua RW, namun suasana serta pengaturan penghitungan suaranya hampir sama persis dengan pemilihan presiden pada April silam.

RADAR JEMBER.ID – Pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (pileg) sedianya sudah digelar pada 17 April lalu. Namun, hingga saat ini gaung pemilu serentak tersebut masih terasa. Inilah yang menjadi inspirasi warga RW 08 Perumahan Bumi Tegal Besar, Kaliwates, dalam penyelenggaraan pemilihan ketua RW, kemarin (23/6).

Suasana yang diangkat dalam pemilihan ketua RW tersebut sangat mirip dengan suasana pilpres dan pileg. Mulai dari masa kampanye serta peraturan alat peraga kampanye, tata cara pemilihan, berkas-berkas yang digunakan, hingga pemaparan visi dan misi dari masing-masing calon ketua RW.

Menariknya, seluruh form yang digunakan didesain sedemikian rupa, sehingga persis form C-1. namun, tidak diketik komputer, melainkan ditulis tangan dengan rapi. Masing-masing calon sudah memiliki kolom penghitungan tersendiri. Termasuk suara yang hadir dan suara-suara yang tidak sah.

Para bakal calon ketua RM, yakni Angga Yulianto Prasetia dan Muhamamad Ashadi, bahkan juga menyebarkan visi dan misi serta program kerja yang akan mereka gagas selama periode ke depan, melalui baliho-baliho yang telah terpasang di berbagai lokasi strategis. “Sehingga warga enam RT di RW 18 ini akan tahu visi misi dari masing-masing calon ketua RW 18 periode 2019-2022,” ujar Hendra Yoshika, ketua panitia pemilihan.

Masing-masing kepala keluarga yang datang ke TPS juga diwajibkan harus membawa surat undangan pemilihan, yang diantar seminggu sebelum pemilihan. Panitia menyiapkan empat bilik suara dan satu kotak suara. Setiap warga atau perwakilan yang datang pun diharuskan mencelupkan jarinya ke tinta. Mirip seperti rangkaian pemilu serentak. “Ini benar-benar tidak ada permainan, karena setiap KK sudah terwakili yakni dengan bukti kalau sudah memberikan hak pilihnya, harus mencelupkan jarinya ke tinta,” ujarnya.

Dari hasil pemilihan Ketua RW 18, di Perumahan Bumi Tegal Besar, calon 01 Angga Yulianto Prasetia SE mendapat 173 suara dan calon 02 Muhammad Ahshadi mendapat 196 suara. Seain itu, suara tidak sah ada 3 susra. “Mudah-mudahan dengan pemilihan ketua RW ini akan membawa kemajuan, khususnya di enam RT yang ada di RW 18 Perumahan Bumi Tegal Besar ini,” pungkas Hendra. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti