Dusun Watu Ulo Jadi Kampung Wisata

OPTIMALKAN POTENSI: Wisatawan diajak berkeliling menggunakan perahu motor di kawasan wisata Pantai Watu Ulo. Saat ini masyarakat di Dusun Watu Ulo mendirikan kampung wisata untuk mengoptimalkan potensi wisata di kawasan setempat.

RADARJEMBER.ID– Masyarakat mulai ikut mengembangkan potensi wisata Watu Ulo di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. Kini, masyarakat yang tinggal di kawasan pantai selatan itu mendeklarasikan Kampung Wisata Segoro Kidul (KWSK).

Pendiri Laskar Segoro Kidul Adi Wiyanto mengatakan, pembentukan kampung wisata ini murni keinginan warga dan pemuda di Desa Sumberrejo. “Kampung Segoro Kidul diresmikan akhir pekan kemarin. Masyarakat di sini sangat antusias. Dan kami juga mengundang pendamping KWSK,” ungkap Adi.

Sebelum dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya kampung wisata tersebut, tamu undangan diajak berkeliling menikmati keindahan muara Teluk Love. Mereka menggunakan dua perahu motor. “Undangan juga diajak melihat dari dekat pesona Gunung Pawon dan Gunung Kura-Kura sambil mengelilingi hutan mangrove,” jelasnya.

Sementara itu, Agung Gunawan, salah seorang pemandu wisata lokal, KWSK ini dilengkapi berbagai fasilitas. Di antaranya Tourist Information Centre (TIC), walking tour kampung nelayan (edukasi dan belanja di kampung nelayan), tour perahu nelayan, edukasi dan konservasi mangrove.

Selain itu, juga disediakan home stay segoro, kuliner pesisir, sunset diner pantai tengah, jasa pemandu wisata berlisensi, camping ground dan outbound pantai. “Kampung Wisata Segoro Kidul ini dipersiapkan, diresmikan dan dikelola oleh masyarakat agar menjadi areal wisata terpadu dan mandiri. Harapannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih