Cempolong Jadi Saluran Sekaligus Jalan

DWI FUNGSI: Cempolong jembatan nasional di Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, Kecamatan Silo, yang dimanfaatkan warga sebagai jalan.

RADAR JEMBER.ID – Sulitnya menyeberangi jalan karena kendaraan yang ramai tak mematikan akal warga. Mereka memanfaatkan cempolong atau gorong-gorong jembatan yang ada di Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, kecamatan Silo. Setiap hendak pergi ke sawah atau kebun, mereka melewati jalur tersebut.   

Seperti yang dilakukan oleh Kusnadi, 40, warga sekitar yang rumahnya di sisi utara jalan jurusan Jember-Banyuwangi. Jalan tersebut merupakan jalan nasional, sehingga kendaraan yang lewat kendaraan besar seperti truk gandeng dan bus.

Gorong-gorong berukuran 2,5 tinggi 3,5 dengan panjang 9 meter itu dimanfaatkan untuk dijadikan jalan alternatif. Warga tak perlu menunggu lama hingga kendaraan sepi, karena lewat gorong-gorong  di bawah  bisa lebih cepat. “Kalau pas membawa hasil bumi dari hutan, lebih cepat,” tuturnya.

Selain itu, juga lebih aman karena tidak berisiko terjadi kecelakaan. Namun, jalan itu tidak bisa dilewati ketika musim hujan. “Kalau airnya sedikit  masih bisa dilewati. Tapi, kalau hujan deras, sudah tidak bisa,” tuturnya. Sebab, saat musim hujan, gorong-gorong jembatan itu berubah fungsi menjadi sungai kecil. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Bagus Supriadi