Sekolah Diminta Jangan Terima Pelajar Dulu

170 Pagu Kosong di SMAN Pinggiran

RADAR JEMBER.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA telah selesai. Hari ini adalah hari pertama daftar ulang. Sayangnya, pagu PPDB SMAN di daerah pinggiran ada yang belum terpenuhi. Seperti di SMAN Tanggul 1 dan SMAN Sukowono. Total sebanyak 170 pagu di dua sekolah.

Pantauan Radarjember.id, dua sekolah tersebut terpantau hari ke dua pendaftaran belum terisi penuh. Bahkan, hari terakhir pendaftaran pada Jumat 21 Juni juga ada pagu kosong. Pagu SMAN 1 Tanggul menerima 264 pelajar.

Saat hari pengumuman, untuk pemeringkatan hasil nilai UN tidak ada data yang diterima. Total pendaftar dan langsung diterima hanya 114 siswa, sehingga menyisakan 120 pagu. Sedangkan SMAN Sukowono dengan total pagu 164 siswa, hanya terisi 114. Itu pun 108 siswa diterima di jalur zonasi jarak. Hanya ada enam siswa yang diterima lewat pemeringkatan nilai UN.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Wilayah Jember Lutfi Isa Anshori mengaku, dua sekolah tersebut pagunya tidak terisi full. Terutama pada jalur pemeringkatan nilai UN. Siswa yang diterima lewat jalur zonasi jarak pun, jarak terjauh belasan hingga puluhan kilometer. “Ada anak Ambulu diterima di SMAN Tanggul lewat jalur zonasi, dia memilih SMAN Tanggul pada pilihan kedua,” imbuhnya.

Kosongnya pagu di PPDB SMAN selanjutnya seperti apa, Lutfi tak bisa menjawab lebih lanjut. “Belum ada petunjuk teknis terkait pagu yang kosong itu dari provinsi,” imbuhnya.

Namun, kata dia, kosongnya pagu tersebut akan diumumkan dan pendaftarannya pun bisa diketahui banyak orang secara daring (online). “Walau ada pagu yang kosong, kepala sekolah atau guru jangan sampai membuka penerimaan siswa baru sendiri,” ujarnya. Sebab, kata dia, perlu adanya database secara terpusat seperti PPDB secara daring.  (*)

IKLAN

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi