Hari Ini Akan Diresmikan Bupati Faida

Klinik Pratama PMI Hadir di Jubung

TEROBOSAN BARU: Kantor Klinik Pratama PMI yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, tampak dari depan.

RADAR JEMBER.ID – Lompatan pelayanan kesehatan dan sosial kembali digalakkan oleh PMI Jember. Peresmian Klinik Pratama PMI Jember, rencananya akan diresmikan Bupati Jember Faida MMR, Sabtu (22/06) hari ini. Klinik tersebut berlokasi di Jalan Brawijaya, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi.

Sebelumnya, Klinik Pratama PMI tersebut merupakan Pos Pelayanan Gawat Darurat (PPGD) PMI. Upaya peningkatan kualitas tersebut sudah lama dilakukan. Namun, baru di bawah kepemimpinan H Zaenal Marzuki SH bisa terealisasi. “Pembukaan Klinik Pratama PMI adalah salah satu terobosan PMI Kabupaten Jember setelah melakukan langkah strategis. Berupa penataan organisasi dengan sistem manajemen dan tata kelola keuangan yang akuntabel, juga melakukan audit eksternal,” kata Zaenal Marzuki.

Menurutnya, izin klinik pratama itu segera tuntas. Terlebih, PMI Jember telah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan. Selain itu, peresmian tersebut juga sebagai peringatan Hari Donor Darah sedunia yang jatuh 14 Juni 2019. Dalam rangka ini juga Klinik Pratama PMI akan menggelar kegiatan donor darah massal pada 23 dan 24 Juli 2019 bertempat di  Klinik Pratama PMI dengan target 500 donasi.

“Kami sebelumnya sudah merehabilitasi gedung dan melengkapi alat-alat pendukung klinik dengan biaya mandiri,” imbuhnya. PMI juga melengkapi sarana dan prasana serta tenaga medis sesuai standar klinik pratama.

Untuk pelayanannya, pihaknya telah mengontrak dua dokter, yaitu drg Ayu Dwi Angraheni selaku penanggung jawab klinik merangkap tenaga medis poli gigi, dan dr  Dimas Noor Zulfikar Fauzi sebagai tenaga medis pada poli umum.

Selain itu, ada tenaga bidan, tenaga apoteker, ditambah dua orang perawat serta 6 orang staf yang sudah lama bertugas di PPGD PMI Kabupaten Jember.

Tersedia juga poli umum, gigi, pelayanan KIA, ambulans, gerai donor darah, home care, dan  apotek. “Untuk jangka panjang, masih memungkinkan ditambah dengan poli kecantikan, bahkan bisa ditingkatkan menjadi rawat inap,” terangnya.

Selain itu, momen peresmian ini dimanfaatkan juga untuk penandatanganan MoU PMI dengan beberapa pihak yang sepakat ikut menghargai para relawan kemanusiaan. Karena itu, dengan menunjukkan kartu donor, maka mereka akan dapat  potongan harga 5-15 persen saat bertransaksi di tempat tersebut. (*)

IKLAN

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Pradini Anjar Agustin

Editor : Hadi Sumarsono