Pelajar Serbu Bursa Buku Murah

BANYAK PILIHAN: Pengunjung yang berdatangan menyerbu bursa buku murah. Banyaknya pilihan membuat mereka leluasa untuk mendapatkan buku yang diinginkan.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Para pecinta buku kini dimanjakan dengan hadirnya bursa buku murah. Pameran yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lumajang mencoba menghadirkan konsep bertajuk wisata buku. Ribuan buku yang disajikan tidak hanya sebatas buku bacaan untuk anak, akan tetapi beragam jenis buku untuk semua kalangan.

Kehadiran bursa buku murah rupanya membawa antusiasme khususnya bagi kalangan pelajar. Tidak terkecuali bagi para mahasiswa. Beragamnya buku yang ditawarkan semakin menarik minat untuk menambah wawasan dan khazanah pengetahuan mereka. “Adanya ini membuat minat baca jadi lebih semangat. Selama ini memang sangat minim ada pameran buku yang diadakan di Lumajang,” kata Nurizah, disela-sela kunjungannya kemarin.

Selama ini, dia mengaku seringkali bepergian ke luar kota hanya untuk membeli buku yang diinginkannya. Hal ini dikarenakan sangat minimnya ketersediaan beragam buku yang ditawarkan.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini dia sengaja meluangkan waktu hanya untuk berwisata dengan buku. “Biasanya ke luar. Kebetulan suka baca buku. Jadi, kesini nyari buku bacaan favorit. Kebetulan harganya sangat bersahabat untuk kantong mahasiswa,” ujar mahasiswi semester IV yang juga penggemar novel itu.

Hal senada juga diutarakan Fais Indriani yang mengaku senang adanya bursa buku. Dia berharap pemerintah daerah bisa menjembatani kebutuhan bagi para pecinta buku. Hal ini agar daerah bisa mengikuti kemajuan daerah lain yang salah satunya memiliki minat baca yang cukup tinggi. “Harapannya sih Lumajang seperti daerah lain. Lebih-lebih sering ada pameran buku dan memiliki pusat toko perbukuan,” harapnya.

Rencananya, bursa ini nantinya akan diperpanjang. Namun demikian, dirinya masih menunggu hasil data dan evaluasi selama bursa buku murah selesai. Sejauh ini dirinya memang tidak menampik bahwa bursa buku murah tahun ini memiliki peminat yang jauh lebih banyak. “Ini kan kerja sama dengan agen dari Jogjakarta. Kita perpanjang tergantung seberapa besar peminatnya. Tapi yang jelas, beragam buku masih terus kita datangkan agar lebih variatif,” ungkap Pustakawan, Chindy Vionariska. (*)

IKLAN

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Hafid Asnan